Egoistis

by - 20:40:00

Di dalam kapal yang aku tumpangi sekarang. Aku bertemu dengan orang, selain mereka yang kuceritakan di postingan sebelumnya, yang mengajarkanku tentang banyak hal. Mereka hanya menumpang di kapalku. Sekedar untuk mencari tempat duduk di dalam kapal. 

Seorang pria muda, tidak membawa beban apa pun di pundaknya. Saat itu tempat duduk di dalam kapalku sudah penuh. Maklumlah ini bukan kapal pesiar mewah yang bisa dirancang untuk beribu-ribu manusia. Ini hanya kapal sederhana yang bisa membawa orang untuk menyebrang dari satu pulau ke pulau lain. Di saat yang sama aku melihat seorang ibu tua renta yang menjinjing beban yang kelihatannya sangat berat untuk dipikul oleh seseorang dengan umur yang tidak lagi muda. Saat salah seorang penumpang yang menduduki bangku hendak beranjak keluar dari tempat duduknya, pria muda di dekat ibu tua renta dengan secepat kilat langsung saja menduduki bangku tersebut tanpa menghiraukan ibu tua renta tersebut. Hatiku dongkol melihat peristiwa tersebut. Mengapa dia tidak memberikan tempat duduk itu ke ibu tua renta? Tidakkah dia memiliki hati? Atau butakah dia? Rasanya aku ingin meremas kepala pria tersebut. Untung saja aku masih mempunyai ingatan akan hukum negeri ini dan yang paling penting aku masih bisa mengambil suatu pelajaran kehidupan dibalik peristiwa tersebut. 

Egoistis, ya itulah yang Tuhan ajarkan. Banyak orang yang masih bersifat egois sekarang ini. Mereka hanya mementingkan kesenangan dan kenyamanan mereka sendiri tanpa melihat orang di sekitar mereka seolah-olah mereka hanya hidup sendiri di planet bumi ini. Mereka menimbun uang sebanyak-banyaknya. Lalu menghabiskan uang itu sesuka hati mereka, tanpa melihat di sekitar rumah mereka banyak orang yang menanti uluran tangan mereka. Mungkin mereka melakukannya tetapi terkadang hanya untuk sekedar prestise saja. Pencitraan, demikian orang sekarang menyebutnya. 

Image Source: gettyimages.com
Mungkin terkadang di dalam sel tubuhku ini, aku masih menyimpan egoistis tersebut tapi aku tidak mau terlalu lama menyimpannya. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian pernah melihat atau mengalami peristiwa yang sama denganku? Pernah melihat keegoisan yang terjadi di sekitar kalian?

You May Also Like

0 comments

Give Me Your Comments!