Keadaan Kapalku (1)

by - 15:56:00

Perjalanan kali ini menorehkan banyak cerita. Dimulai dengan penumpangku yang pelan-pelan pergi karena mempunyai masalah dengan partnerku, partnerku yang cukup teguh dengan pendiriannya sampai-sampai tidak mau menerima saran orang lain, dan juga beberapa pilihan yang kelak akan menentukan perjalananku selanjutnya.

Let's start with the first one. Penumpang-penumpang kecilku sejak dua bulan terakhir entah mengapa berlarian pergi dan berpindah menuju kapal yang lain. Awalnya aku berpikir kalau ini mungkin hal yang biasa saja. Biasalah anak-anak, mereka mudah untuk bosan. Mula-mula 1 orang, lama kelamaan jumlahnya makin bertambah. Hal ini sangat menggangguku. Aku sampai dihantui perasaan bersalah karena mungkin aku mendekati dan mengajar mereka dengan cara yang salah atau mungkin aku pernah melampiaskan amarahku kepada mereka. Perasaan ini terus menghampiriku. Akhirnya rasa penasaran membuat diriku bertanya kepada penumpang kapal yang masih bertahan, apakah mereka mempunyai keluhan selama aku mendekati dan mengajar mereka saat di kapal? Ternyata jawaban mereka sangat mengejutkan. "Tidak ada Miss" "Lalu kenapa beberapa dari teman kalian pergi?" "Kami (& teman mereka yang pergi) sering dimarahin Miss oleh partner Miss kalau saat sedang diajar" Aku terhenyak. Ini hanyalah sebuah kelas kapal biasa buka sebuah kelas kapal pesiar. Selama beberapa jam aku menyimpan hal ini dalam hati tapi rasanya hati ini tidak dapat menampung semua keluhan para penumpang kecilku. Aku berpikir keras bagaimana agar partnerku mau menerima saranku. Aku berpikir dan berpikir sampai akhirnya partnerku yang lain memberi saran.

Aku mencoba melakukan saran itu dengan hati-hati tapi hasilnya nihil. Saranku ditolak oleh partnerku dan dia memegang pendirian kalau tidak pernah ada penumpang kecilku yang dimarahi olehnya. Yang ada hanyalah penumpang kecilku yang terkadang membuat gaduh saat berada di kapal. Dia sampai menitikkan air mata untuk memperkuat kebenarannya. Lelah rasanya menghadapi orang seperti ini.

Cukup panjang sekali ceritaku di kapal hari ini ya? Yang terakhir, aku lanjutkan besok lagi ya. See you on the next post! 

You May Also Like

0 comments

Give Me Your Comments!