Kebiasaan

by - 23:08:00

Membentuk sebuah kebiasaan baik itu susah juga ternyata. Dari hal kecil seperti kebiasaan mencuci piring setelah makan misalnya. Mungkin terlihat mudah tetapi tidak akan mudah dilakukan jika kita tidak mempunyai kebiasaan untuk melakukannya. Sama seperti dengan penumpang transjakarta yang saya temui hampir di setiap shelter penurunan. Petugas selalu mengingatkan untuk membiasakan penumpang yang ingin turun untuk keluar terlebih dahulu. Alih-alih mendahulukan penumpang turun, mereka malah saling dorong untuk dapat masuk ke dalam bus transjakarta. Alasannya: "takut ngga kedapatan bus atau takut terlambat datang ke kantor". Sayangnya kebiasaan dorong mendorong ini akhirnya membahayakan penumpang yang ingin turun. Saya pernah hampir terjatuh karena kebiasaan dorong mendorong ini. Seharusnya kita sebagai penumpang belajar untuk mengikuti arahan petugas untuk membiasakan penumpang yang turun untuk keluar terlebih dahulu. Toh busnya tidak akan langsung jalan setelah menurunkan penumpang kan?




Kebiasaan baik walaupun kecil sebenarnya akan membawa dampak positif ke dalam kehidupan kita. Sayangnya lebih sering banyak kebiasaan buruk yang kita lakukan daripada kebiasaan baik.

Dulu setiap sebelum tidur, saya paling malas untuk gosok gigi padahal gigi saya berlubang. Sampai suatu hari sakit gigi membuat saya harus mengunjungi dokter gigi dan mulau membangun kebiasaan untuk gosok gigi sebelum tidur. Sekarang saya tidak pernah absen menggosok gigi karena saya tahu kebiasaan tersebut akan berdampak positif untuk kesehatan gigi saya.

Mula-mula kita membentuk kebiasaan kita dan 
kemudian kebiasaan membentuk kita. -Anonim

You May Also Like

6 comments

  1. Yap. Habit. Aku juga lagi mulai ganti kebiasaan-kebiasaan yag buruk. Contohnya meminimaliir kebiasaan beli buku di gramedia ganti dengan yang diskonan atau pinjem ka dewi! hehehehe!! *ketawa bahagia*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeeee... itu mah namanya ngga modal hahahaha. Kapan2 kita ke perpus yukkkk. Biar ngga sering beli buku.

      Delete
    2. ayok weekend ya, Btw aku punya buku How to master your Habits by ustad felix yang chinese itu, bagus deh, ingetin aku kalau mau pinjem wkwk..

      Delete
    3. Weekend ini? Bolehhh.... sekalian temenin kk ke blok m yeee

      Delete
  2. Iya itu Dewi, soal biasa nyampah sembarangan kok kita kayaknya susah banget ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya susah banget. Nanti kalau banjir, teriak2 deh tuh orang2 :p hehehe. Anyway, thank for ur comment :) Salam kenal.

      Delete

Give Me Your Comments!