Narkoba No Way!

by - 21:19:00

Beberapa hari yang lalu, hati saya sangat terpukul melihat sekumpulan anak laki-laki berpakaian seragam putih biru menghisap rokok sambil berjalan. Demikianlah keadaan generasi sekarang ini. Dengan mudahnya anak di bawah 17 tahun membeli rokok dan menghisapnya bersama dengan teman-teman mereka. Merekam mengabaikan bahwa rokok adalah celah yang bisa saja dipakai si jahat untuk membawa mereka menikmati dunia lain yang bernama Narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang). Awalnya mereka merokok, selanjutnya ganja lalu mereka menghisap narkotika dan obat telarang.
Bagaimana agar generasi ini tidak jatuh ke dalam dunia narkoba tersebut? Perhatian. Itulah yang generasi sekarang butuhkan. Perhatian dari orang tua, guru dan orang-orang tua di sekitar generasi kita. Jika Anda adalah orang tua, berikan perhatian untuk anak Anda. Mereka adalah generasi yang butuh perhatian. Mereka tidak butuh uang Anda atau materi lainnya. Mereka butuh Anda dan perhatian Anda.

Saya beruntung berada di sebuah yayasan sosial yang berfokus pada anak muda, YCAB. Yayasan ini awalnya bermula dari kegelisahan seorang ibu yang khawatir pertumbuhan anaknya akan terganggu oleh penggunaan narkoba di kalangan remaja. Berdasarkan kegelisahannya itu, maka didirikanlah YCAB pada tahun 1999. Ibu itu adalah Veronica Colondam, CEO YCAB.

Fokus YCAB awalnya adalah untuk mengedukasi remaja tentang bahaya narkoba. Sekarang YCAB tidak hanya fokus pada bahaya narkoba tetapi juga pendidikan dan ekonomi.

Saya bersyukur masih ada orang-orang yang perduli akan bahaya narkoba sampai mendirikan yayasan dan memberikan penyuluhan dari satu sekolah ke sekolah lain. Ketika saya SMP, saya melihat banyaknya orang tua di sekitar rumah saya yang cuek. Darimana saya tahu? Anak-anak mereka suka nongkrong di seberang rumah saya dan memakai ganja. Sekarang beberapa dari mereka sudah meninggal dunia karena ternyata selain memakai ganja, mereka juga menghisap narkotika lainnya. Narkoba, rokok bahkan alkohol tidak akan membuat generasi kita semakin keren. Bagi siapa pun yang membaca postingan ini, yuk sama-sama ingatkan generasi di sekitar kita untuk menjauhi narkoba, rokok dan juga alkohol. Tanpa itu semua, generasi kita bisa keren juga kok :)
source: googleimages





You May Also Like

2 comments

  1. Say No to Narkoba. Rokok mungkin ngasih efek tenang buat perokok, padahal sih cuman bakar uang, gak dapet apa-apa. Kakak lagi care sama masalah anak muda apa lagi? Buka yayasan juga kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa lagi ya? Nanti kk survey dulu ya 😊 ayo buka yayasan bareng

      Delete

Give Me Your Comments!