Jalan-jalan Sendirian di Penang

by - 13:07:00

Ketika saya mengantar mama berobat ke Penang tahun lalu, saya menyempatkan diri untuk berlibur sehari karena poli rawat jalan Lam Wah Ee Hospital tidak buka di hari Minggu. Tadinya saya ingin mengajak mama dan kakak saya tapi mama saya tidak mengiyakan karena masih nyeri kalau berjalan jauh. Alhasil, saya memberanikan diri untuk jalan-jalan sendirian di Penang. 

Saya memutuskan untuk jalan-jalan ke George Town, Penang. George Town merupakan pusat kota dari Penang. Banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan di Penang, sayangnya lagi-lagi saya menyesal karena tidak membuat itinerary terlebih dahulu dan hanya mengunjungi tempat yang kebetulan saya temui saja. 

Untuk transportasi menuju George Town, Penang, saya menggunakan Grab Car. Tujuannya satu, yaitu biar lebih efisien (ngga nyasar). Dari Mewah Court ke George Town, Penang, saya menghabiskan RM 8. So far, supir Grab di Penang baik-baik kok walaupun ngga semua supir ramah.

Waktu tempuh dari Mewah Court ke George Town, Penang tidak terlalu lama kok, sekitar 15-30 menit. Sebelum berpergian ke George Town, jangan lupa ya pakai sunblock dulu, pakai topi/bawa payung, dan sedia tisu/sapu tangan. Kenapa? Panasnya itu lohhhh. Ngga tahan.... Setelah selesai mempersiapkan diri, baru deh berangkat.  

Ini tempat-tempat yang saya kunjungi di George Town, Penang: 

1. Armenian Street 

Saya memulai perjalanan saya di jalan ini. Jalan ini cukup terkenal karena di jalan ini, kalian bisa menemukan street art yang cukup terkenal. Untuk foto di depan street art ini, membutuhkan perjuangan ekstra karena antusiasme turis yang cukup tinggi untuk berfoto di sini. Saya sih waktu itu tidak foto karena panas dan ramai. Yah, yang penting sudah lihat lah ya.... 


Armenian Street 

Di jalan ini juga banyak toko oleh-oleh khas Penang. Ada juga hotel, museum, coffee shop sampai restoran. Banyak juga penjual minuman dingin di sini. Salah satu minuman yang patut dicoba kalau kepanasan di sini  nih: 


Ice Ball 

Kalau ingin melihat-lihat street art sebaiknya lihat peta gratis yang biasanya ada di bandara terlebih dahulu supaya tahu street art mana saja yang ingin dilihat. Kalau ingin lihat semuanya sih sebaiknya jalan kaki seperti saya atau sewa sepeda. Ini beberapa street art yang berhasil saya temui: 





Sebenarnya street art di atas kurang populer di kalangan wisatawan. Tapi saya hanya berhasil memotret ini saja karena street art yang populer biasanya sangat diminati wisatawan dan ngantri kalau mau berpose di depannya. Untuk panduan street art di George Town, Penang, teman-teman bisa unduh di sini


2. Asia Camera Museum 

Setelah puas menyusuri street art, saya berjalan kaki dan menemukan museum ini. Tiket masuknya lumayan mahal karena museumnya ternyata kecil banget tapi koleksi kameranya lumayan banyak sih. Untuk penggemar fotografi, saya sarankan ke sini sih. Banyak banget referensi kamera di sini. Revisit? Ngga lah. Tapi saya salut sama guide nya. Dia bisa menjelaskan isi museum kepada pengunjung dalam beberapa bahasa. 



Koleksi Kamera di Asia Camera Museum 


3. Armenian Park

Taman ini saya temui ketika sudah lelah menyusuri street art. Taman ini bagaikan surga untuk kaki saya. Saya dapat beristirahat sejenak di sini dan menikmati semilir angin dan melihat tanaman hijau di sini. Tidak banyak orang saat itu. Hanya terdapat beberapa orang yang sedang duduk-duduk santai di bangku taman. 


Armenian Park


4. George Town World Heritage Inc.  

Tidak jauh dari Armenian Park, saya menemukan George Town World Heritage Inc. Gedung ini merupakan pusat informasi George Town. Kalian bisa menemukan semua informasi yang kalian  butuhkan tentang George Town di sini. Sayangnya waktu saya kesini, gedungnya sedang dalam renovasi jadi saya tidak bisa melihat-lihat ke dalam gedungnya. 




5. Street of Harmony 

Di sepanjang jalan ini terdapat beberapa tempat ibadah yang berdekatan. Dimulai dari mesjid, kuil, dan gereja. Semua hidup damai di sini menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Semua tempat ibadah di sini merupakan bangunan tua yang dibangun dari abad ke-18. Saya sih paling suka lihat bangunan gereja dan mesjidnya. Keren untuk difoto :) Sayang ngga sempat masuk ke dalam karena sudah sore dan saya masih penasaran mencari Pinang Peranakan Mansion. 

Gereja Anglikan Tertua di George Town


3. Little India 

Daerah ini juga ngga sengaja saya temukan. Sebenarnya saat itu saya ingin mencari Pinang Peranakan Mansion. Eh tapi, dasar wanita ya susah  baca peta. Saya pun tiba di daerah ini. Seperti namanya, daerah ini merupakan tempat dimana orang India bermukim dan berjualan. Banyak toko baju khas India, makanan khas India dan juga restoran India. Sayang, waktu itu saya tidak sempat makan di restoran ini. Padahal pengin banget..... Saya agak takut makan sendirian di tengah kerumunan orang India hehehehe. Saya juga ngga sempat foto di sini karena baterai iphone sudah habis waktu itu :( 


Setelah lelah berjalan kaki menyusuri George Town. Saya pun mencari restoran supaya saya bisa numpang charge iphone. Sampailah saya di Kopitan Classic Restaurant  di Lebuh Pantai. Di situ saya pesan laksa karena penasaran dengan rasanya. Ternyata enak. Sebandinglah sama harganya dan yang paling penting bisa charge iphone. 


Laksa di Kopitan Restaurant


Selesai makan saya memutuskan untuk pulang. Saya berjalan kaki sedikit dan berhenti di depan Wonderfood Museum. Duh, pengen banget mampir waktu itu. Jadi, isi museumnya itu replika makanan yang ada di Malaysia.  Tapi harga tiket masuknya lumayan. Akhirnya saya masukkan ke places to visit for next trip saja. 

Saya pun kembali ke apartemen. Saya kembali memesan grab car dari depan museum. 

Ternyata seru juga jalan-jalan sendirian tanpa itinerary walaupun saya harus bersedih karena belum bisa mengunjugi Pinang Peranakan Mansion dan Wonderfood Museum. Saya seperti menemukan hal-hal tak terduga selama perjalanan. Saya juga mencoba makanan yang belum saya coba sebelumnya. 

Kalau kalian gimana? Pernah ngga jalan-jalan sendirian di luar negeri seperti saya? 

You May Also Like

6 comments

  1. wahh jadi rekomendasilah buat saya yang berencana november ke penang , makasih ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah sih mba. Jalan jalan sendirian dalam negeri pun, ummm ... enakan ngajak teman sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku emang dasarnya introvert, jalan-jalan sendirian pun ngga masalah hehehe. Cuma susahnya ya ngga ada yang bisa diminta tolong fotoin. Thanks for coming here!

      Delete
  3. Next kayaknya aku pingin solo traveling ke sana.. :) Pingin juga ke Wonderfood Museum itu mba sepertinya bagus pernah liat review-nya juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba mba. Penang itu asik kok dan murah2. Next trip saya juga mau sempetin ke situ :) Penasaran liat replika makanannya. Btw, thanks for reading mba.

      Delete

Give Me Your Comments!