REVIEW K-DRAMA: MY ID IS GANGNAM BEAUTY (내 아이디는 강남미인)

by - 23:52:00

Sutradara: Choi Sung-Bum 

Penulis: Gi Maeng-Gi (webtoon), Choi Soo-Yung 

Stasiun TV: JBTC 

Jumlah Episode: 16 

Tanggal Rilis: 27 Juli - 15 September 2018



Beberapa bulan belakangan ini, saya kembali giat menonton drama Korea setelah absen selama beberapa bulan. Sekitar dua bulan yang lalu, saya menemukan drama yang membuat saya penasaran akan keseruan ceritanya setiap minggu. Jarang sekali saya menonton drama Korea yang masih on going. Drama korea ongoing yang terakhir saya tonton itu adalah Pinocchio karena plotnya seru. Saya lebih sering menunggu dramanya selesai di Korea dulu baru saya tonton. Tapi karena dramanya bagus dan saya suka banget, maka saya bela-belain deh tuh penasaran tiap hari Sabtu dan Minggu hehehehehe. 


Ini nih dramanya: 

Sumber: mydramalist 




Ini kali pertama saya menonton JBTC Drama dan ternyata kualitas dramanya cukuplah memuaskan ekspektasi saya. Rating tiap episodenya cukup tinggi. Episode terakhirnya tayang hari Sabtu kemarin (15/09/2018) kemarin dan sukses membuat viewersnya (termasuk saya) senyum-senyum sendiri. 

So far, My ID is Gangnam Beauty merupakan salah satu drama terbaik di tahun ini dan layak untuk ditonton. Kenapa? Mari kita bahas satu persatu. 

Plot 

Drama My ID is Gangnam Beauty ini diangkat dari webtoon dengan judul yang sama. Drama ini menceritakan tentang seorang mahasiswi baru bernama Kang Mi-Rae. Dia ingin memulai hidup baru di kampus impiannya dengan melakukan operasi plastik. Kang Mi-Rae melakukan  operasi plastik karena dia sering mengalami bully saat masa sekolah. Teman-temannya menilai dia tidak cantik padahal Kang Mi-Rae ini pintar, berbakat dan baik hati. Kang Mi-Rae berharap tidak ada lagi yang namanya bully setelah dia melakukan operasi plastik. Namun ternyata, semua tidak berjalan seperti yang dia inginkan. Beberapa teman kampus dan orang yang melihat wajahnya memanggilnya dengan "Gangnam Beauty". Itu merupakan julukan untuk wanita yang melakukan operasi plastik total pada wajahnya. Panggilan itu bukan merupakan pujian melainkan sebaliknya. 

Saat Kang Mi-Rae menjalani hari pertama di kampus impiannya, dia dipertemukan dengan Do Kyung-Seok, teman SMPnya, super ganteng dan populer. Do Kyung-Seok ini tidak menilai orang dari penampilan luarnya, melainkan dari dalam, inner beauty. Do Kyung-Seok mulai dekat dengan Kang Mi-Rae dan diam-diam mulai menyukai Kang Mi-Rae. Silakan tonton dramanya untuk mengetahui kelanjutan kisah cinta mereka berdua. 

Cast

Pemilihan cast dalam drama My ID is Gangnam Beauty menurut saya sudah cukup sesuai dengan webtoon aslinya. Bahkan penulis menciptakan karakter baru yang sebelumnya tidak ada di webtoon untuk membuat drama ini sedikit berbeda dengan webtoon

Ini nih 4 karakter utama dalam drama My ID is Gangnam Beauty.

Sumber: hellokpop.com


Dari kiri ke kanan: 
  • Joo Wo-Ri sebagai Hyun Soo-A
  • Cha Eun-Woo sebagai Do Kyung-Seok 
  • Lim So-Hyang sebagai Kang Mi-Rae 
  • Kwak Dong-Yeon sebagai Yeon Woo-Young 


Nah kalau yang ini adalah beberapa karakter yang tidak ada di webtoon

Sahabat Kang Mi-Rae
Sumber: allkpop

Min Do-Hee berperan sebagai Oh Hyun-Jung, sahabat Mi-Rae dalam drama My ID is Gangnam Beauty. Hyung-Jung dan Mi-Rae kuliah di universitas yang sama, tinggal di kosan yang sama dan ternyata bersahabat sejak SMP. Sedang di webtoon, Mi-Rae tidak mempunyai sahabat dekat. Konon penulis menambahkan karakter ini untuk membantu Kang Mi-Rae mengeluarkan unek-unek dalam pikirannya. 

Sahabat Do Kyung-Seok
Sumber: kpop map
Lee Tae Sun berperan sebagai Woo-Jin, sahabat Kyung-Seok. Dia merupakan pemilik sebuah cafe bir di dekat kampus Kyung-Seok. Kedua ayah mereka juga ternyata bersahat baik. 

Selain yang saya tulis di atas, ada beberapa karakter lain yang juga sedikit berbeda dengan versi webtoon

Orang tua Kang Mi-Rae 

Ibu Kang Mi-Rae
Sumber: asianwiki
Kim Sun Hwa berperan sebagai Na Eun-Sim, ibu Kang Mi-Rae yang mendukung dan menemani anaknya untuk melakukan operasi plastik. 

Ayah Kang Mi-Rae
Sumber: asianwiki
Woo Hyeon berperan sebagai Kang Tae-Sik, ayah Kang Mi-Rae yang selalu menganggap anaknya cantik walaupun orang lain beranggapan sebaliknya. 


Orang tua Do Kyung-Seok 

Ayah Do Kyung-Seok
Sumber: asianwiki 

Park Sung-Geun berperan sebagai Do Sang Won, ayah Do Kyung-Seok yang bekerja sebagai wakil rakyat tetapi sangat cuek terhadap keadaan keluarganya sendiri. 


Ibu Do Kyung-Seok
Sumber: hancinema.net 
Park Joo-Mi berperan sebagai Na Hye-Sung, ibu Do Kyung-Seok yang bekerja sebagai CEO sebuah perusahaan parfum ternama. Dia hidup terpisah selama bertahun-tahun dari Do Kyung-Seok dan adiknya serta bercerai dengan Do Sang Won karena sebuah masalah. 

Cerita tentang kedua orang tua Mi-Rae dan Do Kyung-Seok tidak terlalu banyak digambarkan dalam webtoon. Sedangkan dalam drama My ID is Gangnam Beauty, cerita tentang orang tua mereka hampir selalu ada di setiap episode. Orang tua mereka terutama ibu Do Kyung-Seok merupakan orang yang berperan penting dalam hubungan percintaan Mi-Rae dan Kyung-Seok. 

Asisten Dosen yang menyukai Mi-Rae dalam drama adalah tokoh yang dibuat berbeda juga dari My ID is Gangnam Beauty versi webtoonnya. Asdos ganteng dan baik hati ini muncul ketika Mi-Rae dan mahasiswa di jurusan Kimianya sedang melakukan praktikum. Asdos ini juga menjadi roommate Kyung-Seok dalam drama. Sedangkan di webtoon, Kyung-Seok diceritakan tinggal sendiri di sebuah apartemen yang disewakan oleh ibunya. 

Review 

Kelebihan drama My ID is Gangnam Beauty adalah isu yang diangkat dari drama ini. Operasi plastik memang hal yang sangat wajar dilakukan di Korea. Melalui drama My ID is Gangnam Beauty ini, kita bisa sedikit mengetahui alasan para wanita muda di Korea melakukan operasi plastik. 

Oh ya, di episode terakhir kita bisa belajar dari kehidupan dua tokoh utama di drama My ID is Gangnam Beauty, yaitu Hyun Soo-A dan Kang Mi-Rae. Kehidupan mereka hampir mirip. Mereka tidak cukup bahagia dengan apa yang mereka miliki dalam kehidupan mereka. Kang Mi-Rae punya keluarga yang asik tapi kurang percaya diri dan tidak bahagia dengan wajah yang dimilikinya sampai harus operasi plastik. Sedangkan Hyun Soo-A itu cantik dari lahir dan ceria tapi ternyata tidak bahagia juga dengan kecantikan yang dimilikinya itu. Untuk lebih jelasnya, tonton sendiri ya :p Saya takut spoiler nih. 

Pemilihan cast dalam drama My ID is Gangnam Beauty ini juga cukup menarik perhatian saya. Visual keempat tokoh utamanya cukup mirip dengan webtoon seperti yang sudah saya bahas sebelumnya. Chemistry antara Cha Eun-Woo (Do Kyung-Seok) dan Im So Hyang (Kang Mi-Rae) juga cukup kuat walaupun kenyataannya umur mereka beda 7 tahun. (Asik dong si Noona kerja sama Dedek Eun-Woo :p) 

For your information, drama My ID is Gangnam Beauty akan terus membuat penasaran ingin terus nonton padahal dari episode 1-14 tidak ada adegan kissing sama sekali. Rasanya baru ini saya nonton drama Korea tapi minim adegan kissingnya (ini spoiler ngga? :p wkwkwkwk) 

Kekurangan yang ada pada drama My ID is Gangnam Beauty tidak terlalu banyak menurut saya. Pertama, karakter Do Kyung-Seok versi drama tidak sekejam dan sepolos versi webtoonnya. Di webtoon, Do Kyung-Seok cenderung lebih dingin dan bicara semaunya tanpa mempertimbangkan perasaan lawan bicaranya, dan juga jarang sekali senyum. Nah, kalau di dramanya si Do Kyung-Seok kok kaya lembut banget gitu ya dan sering senyum. Seneng sih lihat dede Cha Eun-Woo senyum tapi jadi makin jauh dari karakter Do Kyung-Seok. Kedua, dalam drama digambarkan Do Kyung-Seok tiba-tiba udah ngerti kissing padahal dia baru pertama kali pacaran. Dalam webtoon, Do Kyung-Seok bahkan bertanya ke Kang Mi-Rae saat pertama kali kissing apakah teknik kissingnya sudah benar atau belum. 

Overall, drama My ID is Gangnam Beauty layak untuk ditonton sampai habis, terutama untuk kamu pecinta drama Korea bergenre Romantis Komedi. My ID is Gangnam Beauty ini wajib banget jadi Must Watch K-Drama List kamu! Komedinya sangat menghibur terutama kelakuan keluarganya Kang Mi-Rae, asdos ganteng, dan Do Kyung-Seok. Cerita romantisnya juga bikin baper sampai membuat saya berandai-andai punya cowok seperti Do Kyung-Seok yang dingin di luar tapi ternyata hangat dan manis di dalamnya. 

Ada yang sudah menonton drama My ID is Gangnam Beauty ini? Gimana pendapat kalian tentang drama ini? 


Sumber: soompi

8/10 

You May Also Like

0 comments

Give Me Your Comments!