Tips Berobat ke Penang

by - 21:44:00

Berobat ke Penang adalah pengalaman yang menyenangkan untuk saya. Selama berobat di Penang, saya belajar untuk lebih lagi menghargai waktu dan kesehatan yang diberikan kepada saya dan orang yang saya cintai. Banyak orang (termasuk saya) mengejar waktu dan kesehatan sampai ke Penang demi mendapat kesehatan yang didamba-dambakan. Sewaktu pulang berobat dari Penang, saya malah sempat bertemu dengan seorang kakek yang sudah renta, bahkan untuk jalan pun ia tidak sanggup. petugas maskapai sampai harus mengangkat kursi roda kakek itu untuk bisa masuk  ke dalam pesawat.

Teringat akan hal itu, saya ingin memberikan beberapa tips untuk teman-teman yang akan mengantar anggota keluarganya berobat ke Penang seperti saya.

1. Cek Jadwal Dokter

Tips berobat ke Penang yang pertama ini saya lakukan sebelum saya membawa mama saya berobat ke Penang. Saya mencari rekomendasi dokter yang oke terlebih dahulu setelah itu saya menghubungi customer service rumah sakit yang saya tuju (dalam hal ini Hospital Lam Wah Ee) untuk menanyakan jadwal dokter yang oke itu. Kalau kalian banyak pulsa, kalian bisa menghubungi rumah sakit yang dituju. Jangan sekali-kali datang berobat ke rumah sakit di Penang tanpa mengecek jadwal dokter karena bisa saja saat kalian datang, dokternya sedang mengambil cuti tahunan atau ternyata di Malaysia sedang libur nasional.

 


Hospital Lam Wah Ee
Website: www.hlwe.com
Tel: 604 - 6528 888
Fax: 604 - 6570 940
Hotline: 604 - 6571 898
Email: lamwahee@hlwe.com

Specialist Consultation Hours

Mondays to Fridays
9.00 am - 1.00 pm
2.00 pm - 4.30 pm
Saturdays
9.00 am - 1.00 pm
Sundays / Public Holidays
Closed

2. Selalu Bawa Paspor  
Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang wajib kalian bawa ketika berobat ke Penang. Dokumen ini berguna ketika kalian mendaftarkan anggota keluarga kalian untuk berobat jalan di Penang. Kalau di Hospital Lam Wah Ee, kalian akan diminta untuk menyerahkan paspor kalian dan mengisi form pendaftaran rawat jalan.

3. Kartu Berobat
Nah, kalau sudah melakukan registrasi di rumah sakit yang dituju, jangan lupa untuk membawa kartu berobat rumah sakit setiap kalian ingin bertemu dokter. Kalian tidak akan bisa berobat tanpa kartu berobat tersebut.


4. Bawa Hasil Pengobatan Sebelumnya
Tips berobat ke Penang yang keempat ini penting untuk diingat. Dokter di sana pasti ingin tahu alasan kita berobat sampai jauh-jauh ke Penang, Malaysia. Daripada mengulang pemeriksaan yang tidak diperlukan, sebaiknya kalian membawa hasil pemeriksaan pasien yang sudah pernah dilakukan di Indonesia seperti CT Scan, MRI, hasil Patologi Anatomi (PA), cek darah, dll. Pokoknya yang berkaitan dengan penyakit pasien. Dokter di Penang baik-baik kok. Mereka tidak menolak ketika kita memberikan hasil pemeriksaan dari rumah sakit di Indonesia. Tapi ingat ya, bawa hasil pemeriksaan 1 tahun terakhir saja. Jangan sampai kalian bawa hasil pemeriksaan yang sudah berumur sampai 5 tahun :p
5.          Banyak Tanya!
Tips ini sih berlaku di semua situasi berobat ya. Terkadang ada juga dokter di Penang yang terlihat terburu-buru ingin menyudahi pemeriksaan. Bukan karena mereka tidak mau berbicara dengan pasien tapi karena banyak pasien yang mengantri mau bertemu mereka. Nah, kita sebagai pasien jangan diam saja. Tanya saja yang ingin ditanyakan kepada dokter. Tanya sebanyak mungkin kalau perlu dicatat di buku kecil. Itu hak kita sebagai pasien atau yang menemani pasien. Kita sudah datang jauh-jauh berobat ke Penang kok, masa kita membawa hasil sedikit. 

6. Datang Pagi atau Siang?
Saya tidak pernah datang terlalu pagi ketika berobat di Penang bersama mama dan kakak saya. Mungkin karena jarak apartemen dan Hospital Lam Wah Ee yang hanya 280 meter membuat kami jadi santai. Poli yang kami tuju juga tidak seramai poli-poli yang diminati seperti poli kandungan atau jantung. Kami selalu datang sebelum lunch. Pernah sekali kami datang pagi, eh ternyata dokternya belum datang. Bosan juga kan kalau menunggu terlalu lama.


Antrian Tidak Terlalu Ramai Kalau Siang Hari
7.           1 Hari Tambahan
Jika kalian sudah selesai konsultasi dengan dokter di Penang dan dokter memberikan resep obat, kalian harus sediakan 1 hari ekstra untuk memastikan apakah obat yang diberikan itu cocok dengan badan kalian atau tidak. Kalau tidak ada reaksi apapun, kalian bisa pulang keesokan harinya. Sedangkan jika muncul reaksi di badan kalian, tandanya kalian harus ke rumah sakit lagi untuk bertemu dokter perihal ketidakcocokan obat
8.         Booking Kamar
Ini lumayan penting juga untuk dilakukan. Selama 2 kali saya menemani mama berobat ke Penang, saya selalu menghubungi orang yang menyewakan Mewah Court di Penang. Saya mendapatkan rekomendasi dari teman saya yang waktu itu sedang berobat di Penang juga. Kebetulan orang tersebut satu suku dengan saya dan apartemennya juga cukup bersih dan fasilitasnya lengkap. Orang tersebut bernama kak Meliana Panjaitan. Beliau mempunyai bisnis sewa kamar apartemen Mewah Court yang jaraknya tidak jauh dari Hospital Lam Wah Ee, dan menjalankan bisnis ini bersama suaminya, seorang Chinese warga negara Malaysia. Mereka cukup membantu semua tamu-tamu yang menginap di tempat mereka. Untuk teman-teman yang hendak berobat di Hospital Lam Wah Ee, Penang dan ingin menginap di apartemen dengan harga dan fasilitas yang oke, boleh ya menghubungi saya lewat e-mail. 


Mewah Court Apartment Blok 98

9.         Bawa Cukup Uang
Tanpa membawa ini, kalian tidak akan bisa membayar apapun di rumah sakit. Tips dari saya untuk kalian yang mau berobat ke Penang, sebaiknya selain uang kalian bawa kartu kredit yang limitnya sampai dengan 5 juta. In case, uang tunai kalian kurang ketika berobat di sana. Pengalaman saya kemarin sih begitu.
10. Rujukan ke Poli Lain
Kalau ini berlaku hanya untuk teman-teman yang berencana berobat ke Hospital Lam Wah Ee, Penang saja ya. Jadi, di perjalanan medis saya yang kedua waktu itu, saya mengusulkan untuk ke dokter Onkologi setelah selesai menyelesaikan pembayaran untuk konsultasi dokter Ortopedi. Alhasil, biaya untuk registrasi dokter Onkologi dikenai biaya pendaftaran pasien baru (lebih mahal). Padahal saya seharusnya bisa bilang ke dokter Ortopedi untuk memberi rujukan ke poli lain supaya tidak dianggap pasien baru lagi dan dikenai biaya yang lebih murah.   


Perlu diingat bahwa kita berobat ke Penang bukan karena tidak percaya akan dokter-dokter di Indonesia. Banyak juga kok dokter-dokter yang bagus di Indonesia. Sayangnya, sistem manajemen rumah sakit di Indonesia itu terlalu merepotkan dan melelahkan pasien, termasuk pihak yang menemani pasien. Efeknya, banyak orang Indonesia pergi berobat ke luar negeri seperti ke Penang, Malaysia.

Nah, sampai di sini ya tips-tips dari saya untuk teman-teman yang sedang galau ingin berobat ke Penang atau hendak membawa anggota keluarganya berobat ke sana. Semoga tips berobat ke Penang dari saya bisa bermanfaat untuk kalian semua!


Teman-teman ada yang punya pengalaman berobat ke Penang seperti saya juga? Punya tips-tips selain yang saya sebutkan di atas? Silahkan dibagikan di kolom komentar ya!

You May Also Like

2 comments

  1. Belom pernah ke Penang sama sekali.. Kayanya asik juga ya kalo traveling ke sana. Btw semoga cepet sembuh buat nyokap ya dew... :)


    https://www.noovihandayani.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asik kok. Makanannya murah2. Thank you doanya :D

      Delete

Give Me Your Comments!