Mari Membaca

by - 05:55:00


Seharusnya saya membicarakan hal ini dari kemarin Sabtu tapi berhubung dari hari Sabtu kemarin ngga sempet mampir di blog, jadinya baru nulis sekarang deh.

Kali ini saya akan ngomongin tentang 9 hobi yang palingggg saya suka. Semua orang pasti punya hobi. Right? Saya juga punya :) Hobi pertama yang beberapa tahun terakhir ini sangat saya sukai adalah membaca. Biasa banget? Iya but I like it. Ternyata bener kata pepatah kalau membaca itu gudang ilmu. Semenjak saya menekuni hobi ini, saya jadi punya segudang pengetahuan yang baru. Ngga ada ruginya deh menekuni hobi yang satu ini.

Buku-buku yang saya baca sangat beragam. Mulai dari koran, novel sampai buku-buku yang berhubungan dengan kuliah saya (kalau yang terkakhir itu wajib ya!). Saya sampai buat akun di goodreads agar saya tahu sudah berapa banyak buku yang saya baca. Di situ juga saya bisa dapat recent updates tentang buku-buku baru yang ditulis oleh penulis yang buku-bukunya pernah saya baca.

Membaca sesuatu entah itu buku, koran, majalah atau yang lain, ngga perlu selalu beli. Hal yang paling sering saya lakukan ketika saya lagi punya sedikit uang untuk beli buku bacaan adalah dengan meminjam atau langsung membaca buku tersebut di perpustakaan. Ngga harus perpustakaan di kampus atau sekolah juga sih. Sekarang perpustakaan daerah atau nasional buku-bukunya bagus kok dan gratis untuk jadi member, asal membawa surat-surat yang diperlukan syarat yang diperlukan saat mendaftar. Kalau lagi males datang ke perpus, kita juga bisa pinjam sama temen yang suka beli buku. Eits, tapi jangan lupa balikin ke pemiliknya yang kalau udah selesai bacanya. Buku yang dipinjam ngga boleh lantas jadi hak milik loh. Ada lagi nih, bagi teman-teman yang suka baca novel atau komik, kalian bisa datengin rental komik/novel. Sekarang sudah banyak kok bertebaran di kota kita. Saya sering banget sewa komik/novel di situ, ya tapi kalau telat mengembalikan apa yang kita pinjam, kita bakalan kena denda. Kalau di rumah teman-teman punya koneksi internet yang super cepat, bisa juga mengunduh. Sekarang ada kok website penyedia ebook gratis, dari mulai komik sampai buku-buku pelajaran bisa diunduh di website tersebut. Kalau saya biasanya unduh di sini.

Membaca itu enak kan? Ngga harus beli buku untuk kita bisa baca. Kalau tempat yang asik buat baca, menurut saya perpustakaanlah tempatnya. Karena tempatnya sepi, enak banget baca kalau suasananya sepi gitu. Itu menurut saya loh.

Overall, bagi saya membaca itu asik banget. Karena membaca saya bisa tahu hal-hal baru yang sebelumnya saya ngga tahu. Sayangnya, orang Indonesia itu sekarang sangat malas untuk membaca. Mereka lebih suka mencari informasi baru di dunia maya, daripada harus membaca.

Sebenarnya dari pada habisin banyak uang untuk pergi berjelajah di dunia maya, lebih baik baca saja ya. Yuk kita galakkan lagi budaya membaca. Mari membaca...

You May Also Like

0 comments

Give Me Your Comments!