Teaching Young Learners

by - 14:50:00

Welcome October! Welcome new challenges!

Ngga kerasa udah bulan Oktober lagi. Why time flies fast? Bulan lalu saya masih disibukkan dengan praktek mengajar yang akan selesai dalam dua bulan lagi. Saya praktek di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Cipinang Muara. Awalnya saya memilih untuk praktek di SD karena saya mau suatu  tantangan. Kebanyakan mahasiswa di kampus saya lebih memilih praktek di SMP atau SMA agak jarang yang memilih SD. Dosen saya sih bilang, "Jarang nak yang mau mengajar di SD seperti kita ini...". Saya sendiri agak bingung waktu dosen saya bilang begitu. Kenapa jarang???

Seiring dengan berjalannya waktu, saya semakin tahu dan cepat tahu alasan kenapa hanya sedikit mahasiswa/calon guru yang memilih SD sebagai tempat mereka mengajar/praktek. Karakteristik siswa/i atau yang biasa disebut young learners is different from teens or adults. Mereka cenderung mau kegiatan yang ngga membosankan, dan kalau mereka sudah bosan di kelas nih, mereka cenderung memilih untuk melakukan apa yang mereka suka daripada belajar di kelas.

That's why young learners teachers need to be creative. Ngga boleh mati ide dan yang paling penting harus ekstra sabaaaaaaarrrrr.....

"Teaching children demands a great deal of creativity and energy."
Ternyata ngga semudah itu ya ngajar young learners. Ya walaupun materinya mudah tapi it takes much energy if you want your learners understand what you teach. Oleh karena itu kita sebagai guru, ngga pernah boleh mati ide. Harus rajin-rajin mencari pengetahuan baru yang berhubungan dengan young learrners dan punya komunitas atau teman yang bisa dijadiin tempat untuk sharing seputar young learners.

Eh tiba-tiba muncul ide nih. Pengen buat blog tentang young learners ah.....






You May Also Like

0 comments

Give Me Your Comments!