Menjadi Tour Guide Sehari

by - 20:03:00


Seandainya ada turis berkunjung ke kota saya dan mereka membutuhkan tour guide untuk mengantarkan mereka berkeliling kota, tempat pertama yang akan saya rekomendasikan untuk dikunjungi adalah kota tua. Mengapa? Karena sejarah kota Jakarta berawal dari sana. Di sanalah pusat sejarah Jakarta. Di sana mereka bisa berkeliling melihat bangunan tua dan menaiki sepeda ontel. Menaiki sepeda ontel mungkin akan menjadi pengalaman yang tak akan mereka lupakan seumur hidup mereka karena sepeda tersebut hanya terdapat di Jakarta, Indonesia. Rasanya tidak ada negara lain yang mempunyai sepeda ontel seperti yang kita punyai. Setelah puas mengelilingi kawasan kota tua dengan mengendarai sepeda ontel, saya akan membawa mereka ke museum Fatahillah. Ada terdapat banyak benda-benda peninggalan Belanda yang sayang kalau dilewatkan oleh para turis. Tidak lupa mengunjungi penjara bawa tanah yang terdapat di dalam museum tersebut. Untuk mengisi perut yang lapar dan kerongkongan yang kering saya akan mengajak mereka mencicipi kerak telor dan es selendang mayang agar mereka tahu betapa nikmatnya makanan dan minuman tradisional khas Jakarta.

Selanjutnya saya akan mengajak mereka ke Monas. Di sana saya akan mengajak mereka melihat kota Jakarta dari puncak Monas. Saya ingin menunjukkan kepada mereka bahwa tidak hanya Eiffel dan Menara Pisa saja yang bisa membuat turis berdecak kagum, Monas juga bisa. Monas juga hebat dan layak untuk diperkenalkan ke turis yang berkunjung ke Jakarta. Tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Monas. Setelah itu, saya akan mengajak mereka turun ke bawah untuk mendengarkan rekaman proklamasi dan diorama perjalanan Indonesia dari mulai zaman penjajahan hingga kemerdekaan. Turis juga perlu tahu bagaimana sulitnya Indonesia berjuang dengan keringat dan darah demi kemerdekaan bangsanya. Tidak lupa saya akan mengajak mereka berfoto di depan Monas dengan gaya yang super keren.

Setelah berkunjung ke Monas, saya akan mengajak mereka ke Mesjid Istiqlal dan Gereja Immanuel yang tidak terlalu jauh dari Monas. Saya ingin menunjukkan kepada mereka betapa indahnya toleransi beragama di Indonesia. Mesjid dan Gereja dapat berdiri tegak tanpa ada kisruh antar agama. Selain itu, mesjid dan gereja ini juga dua bangunan spiritual yang sangat khas dengan Jakarta. Hampir semua warga Jakarta tahu dimana masjid Istiqlal, betapa megahnya mesjid ini sampai muat menampung presiden, pejabat negara, dan ribuan warga Jakarta yang hendak melaksanakan shalat Idul Fitri di mesjid ini. Tidak lupa saya akan memberitahu mereka bahwa mesjid ini merupakan mesjid terbesar di Asia Tenggara agar mereka semakin tersenyum kagum akan bangunan di Jakarta.

Untuk menutup perjalanan sehari berkeliling Jakarta, saya akan mengajak turis untuk menikmati Es Krim Ragusa yang berada tidak jauh dari sana. Setelah seharian kepanasan, kerongkongan mereka bisa disegarkan kembali melalui es krim yang super duper yummy!

Cover Book You Are My Sunshine

Tulisan ini diikutsertakan dalam GIVEAWAY : YOU ARE MY SUNSHINE by Clara Canceriana.

You May Also Like

4 comments

  1. pulau seribu mmg masuk dki jakarta yah? Btw, kk menang kuis ini loh :p

    ReplyDelete
  2. i know this experiences, when you accompony Rachel from singapore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. believe it or not, I wrote this long time before Rachel's coming :D

      Delete

Give Me Your Comments!