Jalan-jalan Sendirian di Penang

by - 13:07:00

Ketika saya mengantar mama berobat ke Penang tahun lalu, saya menyempatkan diri untuk berlibur sehari karena poli rawat jalan Lam Wah Ee Hospital tidak buka di hari Minggu. Tadinya saya ingin mengajak mama dan kakak saya tapi mama saya tidak mengiyakan karena masih nyeri kalau berjalan jauh. Alhasil, saya memberanikan diri untuk jalan-jalan sendirian di Penang. 

Saya memutuskan untuk jalan-jalan ke George Town, Penang. George Town merupakan pusat kota dari Penang. Banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan di Penang, sayangnya lagi-lagi saya menyesal karena tidak membuat itinerary terlebih dahulu dan hanya mengunjungi tempat yang kebetulan saya temui saja. 

Untuk transportasi menuju George Town, Penang, saya menggunakan Grab Car. Tujuannya satu, yaitu biar lebih efisien (ngga nyasar). Dari Mewah Court ke George Town, Penang, saya menghabiskan RM 8. So far, supir Grab di Penang baik-baik kok walaupun ngga semua supir ramah.

Waktu tempuh dari Mewah Court ke George Town, Penang tidak terlalu lama kok, sekitar 15-30 menit. Sebelum berpergian ke George Town, jangan lupa ya pakai sunblock dulu, pakai topi/bawa payung, dan sedia tisu/sapu tangan. Kenapa? Panasnya itu lohhhh. Ngga tahan.... Setelah selesai mempersiapkan diri, baru deh berangkat.  

Ini tempat-tempat yang saya kunjungi di George Town, Penang: 

1. Armenian Street 

Saya memulai perjalanan saya di jalan ini. Jalan ini cukup terkenal karena di jalan ini, kalian bisa menemukan street art yang cukup terkenal. Untuk foto di depan street art ini, membutuhkan perjuangan ekstra karena antusiasme turis yang cukup tinggi untuk berfoto di sini. Saya sih waktu itu tidak foto karena panas dan ramai. Yah, yang penting sudah lihat lah ya.... 


Armenian Street 

Di jalan ini juga banyak toko oleh-oleh khas Penang. Ada juga hotel, museum, coffee shop sampai restoran. Banyak juga penjual minuman dingin di sini. Salah satu minuman yang patut dicoba kalau kepanasan di sini  nih: 


Ice Ball 

Kalau ingin melihat-lihat street art sebaiknya lihat peta gratis yang biasanya ada di bandara terlebih dahulu supaya tahu street art mana saja yang ingin dilihat. Kalau ingin lihat semuanya sih sebaiknya jalan kaki seperti saya atau sewa sepeda. Ini beberapa street art yang berhasil saya temui: 





Sebenarnya street art di atas kurang populer di kalangan wisatawan. Tapi saya hanya berhasil memotret ini saja karena street art yang populer biasanya sangat diminati wisatawan dan ngantri kalau mau berpose di depannya. Untuk panduan street art di George Town, Penang, teman-teman bisa unduh di sini


2. Asia Camera Museum 

Setelah puas menyusuri street art, saya berjalan kaki dan menemukan museum ini. Tiket masuknya lumayan mahal karena museumnya ternyata kecil banget tapi koleksi kameranya lumayan banyak sih. Untuk penggemar fotografi, saya sarankan ke sini sih. Banyak banget referensi kamera di sini. Revisit? Ngga lah. Tapi saya salut sama guide nya. Dia bisa menjelaskan isi museum kepada pengunjung dalam beberapa bahasa. 



Koleksi Kamera di Asia Camera Museum 


3. Armenian Park

Taman ini saya temui ketika sudah lelah menyusuri street art. Taman ini bagaikan surga untuk kaki saya. Saya dapat beristirahat sejenak di sini dan menikmati semilir angin dan melihat tanaman hijau di sini. Tidak banyak orang saat itu. Hanya terdapat beberapa orang yang sedang duduk-duduk santai di bangku taman. 


Armenian Park


4. George Town World Heritage Inc.  

Tidak jauh dari Armenian Park, saya menemukan George Town World Heritage Inc. Gedung ini merupakan pusat informasi George Town. Kalian bisa menemukan semua informasi yang kalian  butuhkan tentang George Town di sini. Sayangnya waktu saya kesini, gedungnya sedang dalam renovasi jadi saya tidak bisa melihat-lihat ke dalam gedungnya. 




5. Street of Harmony 

Di sepanjang jalan ini terdapat beberapa tempat ibadah yang berdekatan. Dimulai dari mesjid, kuil, dan gereja. Semua hidup damai di sini menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Semua tempat ibadah di sini merupakan bangunan tua yang dibangun dari abad ke-18. Saya sih paling suka lihat bangunan gereja dan mesjidnya. Keren untuk difoto :) Sayang ngga sempat masuk ke dalam karena sudah sore dan saya masih penasaran mencari Pinang Peranakan Mansion. 

Gereja Anglikan Tertua di George Town


3. Little India 

Daerah ini juga ngga sengaja saya temukan. Sebenarnya saat itu saya ingin mencari Pinang Peranakan Mansion. Eh tapi, dasar wanita ya susah  baca peta. Saya pun tiba di daerah ini. Seperti namanya, daerah ini merupakan tempat dimana orang India bermukim dan berjualan. Banyak toko baju khas India, makanan khas India dan juga restoran India. Sayang, waktu itu saya tidak sempat makan di restoran ini. Padahal pengin banget..... Saya agak takut makan sendirian di tengah kerumunan orang India hehehehe. Saya juga ngga sempat foto di sini karena baterai iphone sudah habis waktu itu :( 


Setelah lelah berjalan kaki menyusuri George Town. Saya pun mencari restoran supaya saya bisa numpang charge iphone. Sampailah saya di Kopitan Classic Restaurant  di Lebuh Pantai. Di situ saya pesan laksa karena penasaran dengan rasanya. Ternyata enak. Sebandinglah sama harganya dan yang paling penting bisa charge iphone. 


Laksa di Kopitan Restaurant


Selesai makan saya memutuskan untuk pulang. Saya berjalan kaki sedikit dan berhenti di depan Wonderfood Museum. Duh, pengen banget mampir waktu itu. Jadi, isi museumnya itu replika makanan yang ada di Malaysia.  Tapi harga tiket masuknya lumayan. Akhirnya saya masukkan ke places to visit for next trip saja. 

Saya pun kembali ke apartemen. Saya kembali memesan grab car dari depan museum. 

Ternyata seru juga jalan-jalan sendirian tanpa itinerary walaupun saya harus bersedih karena belum bisa mengunjugi Pinang Peranakan Mansion dan Wonderfood Museum. Saya seperti menemukan hal-hal tak terduga selama perjalanan. Saya juga mencoba makanan yang belum saya coba sebelumnya. 

Kalau kalian gimana? Pernah ngga jalan-jalan sendirian di luar negeri seperti saya? 

You May Also Like

71 comments

  1. wahh jadi rekomendasilah buat saya yang berencana november ke penang , makasih ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah sih mba. Jalan jalan sendirian dalam negeri pun, ummm ... enakan ngajak teman sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku emang dasarnya introvert, jalan-jalan sendirian pun ngga masalah hehehe. Cuma susahnya ya ngga ada yang bisa diminta tolong fotoin. Thanks for coming here!

      Delete
  3. Next kayaknya aku pingin solo traveling ke sana.. :) Pingin juga ke Wonderfood Museum itu mba sepertinya bagus pernah liat review-nya juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba mba. Penang itu asik kok dan murah2. Next trip saya juga mau sempetin ke situ :) Penasaran liat replika makanannya. Btw, thanks for reading mba.

      Delete
  4. Aku pun mungkin akan melakukan hal sama Mba. Tapi kalo sendiri kayaknya aku beraninya yang deket-deket aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain dong mba yang agak jauh. Seru deh hehehehe

      Delete
  5. Ternyata banyak tempat seru ya di Penang. Duh, jadi pengen liburan ke Penang juga deh. Ok deh aku harus nabung dulu biar bisa liburan ke Penang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru mba. Banyak makanan yang murah juga di Penang.

      Delete
  6. Street artnya lumayan lucu sebenernya ya mba.. aku juga suka foto murals di kota-kota yang aku kunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu mba. Rame banget orang foto-foto di depan muralnya.

      Delete
  7. Widiiii asik bnget meskipun jalan-jalan sendirian yah mba. Saya pribadi belum pernah sih, dlu pnh dpt reward je Sydney dan saking degdegannya mikirin apa sendiri atau gmna tp alhamdulilah ad beberapa mahasiswa yg jln jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang gitu ya mba, Tiba-tiba ketemu temen baru aja. Seru ya mba ke Sydney hehehehe

      Delete
  8. Asik ya bisa jalan-jalan sendiri ke negeri sebrang. Saya belum pernah...makasih infonya, Mbak. Tempat-tempat yang menarik unuk dikunjungi. Semoga suau saat bisa ke sana

    ReplyDelete
  9. Akuu belum hehe, tapi bisa nih dijadikan referensi kalau rejeki ngunjungin penang hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kesampaian ya suatu saat. Kalau mo nanya-nanya tentang penang, hubungin gue aja ya hehehehe

      Delete
  10. Wah..asyik juga ya jalan2nya meski tanpa itinerary khusus.. TFS ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik mba. Sama-sama mba. Thanks for reading!

      Delete
  11. Jalan jalan sendiri gini biasanya lebih tenang dan bisa memahami diri, tapi klo jalannya di luar negeri sata belum pernah hehehe. Btw laksanya seger, pernah coba yang dijual di resto indonesia sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak lagi laksa di sana mba. Seger banget apalagi makannya siang-siang hehehe.

      Delete
  12. Kalau saya pasti gak bakal berani jalan sendiri. Apalagi ke negara orang. Harus ada yang menemani :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mba hehehehe. Dijamin ketagihan. Ngga banyak drama mba kalau jalan sendirian hehehe

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. kalau menyusuri jalannya bakal lebih banyak lagi nemuin stret art ya mbak. Untuk museum kamera berarti pengunjung bisa lihat perubahan kamera dari masa ke masa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul sekali mba. Di situ dipamerkan kamera dari dari jaman dulu sampai sekarang mba. Tapi sayang museumnya kecil mba.

      Delete
  15. Mupeng ke Penang, tapi kemarin dapat tiket yang ke KL. Jauh ya mba, lokasi Penang kalo dari KL?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mba kalau lewat jalur darat. Mending naik pesawat hehehe

      Delete
  16. Wah asyik ya bisa jalan-jalan sendiri di luar negeri pasti seru banget deh. Btw itu ice ball kaya ice kepal gitu bukan sih? Nampaknya enak banget .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru mau bilang kayak gini, hihi... Iya, semacam es kepal kayaknya sih..

      Delete
    2. mirip sih. Ice ball ini jadi es diserut trus dikasih sirup gitu

      Delete
  17. Menyenangkan juga ya jalan-jalan sendiri di Penang?
    Ada teman saya tuh suka traveling sendiri :)

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata banyak jg yg bisa dilihat di penang ya. Beruntung sekali bisa menikmati laksa yg otentik di sana ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Banyak tempat wisata kok di Penang. Laksanya juga enak banget.

      Delete
  19. Suasana di armenian street serasa kota tua ya. Vintage banget... pengen ke little india juga deh penasaran banget :)

    ReplyDelete
  20. Wahh seru banget bisa jalan² sendiri di negeri orang. Kalau aku belum berani jalan² sendiri, dalam kota aja suka iseng apa lagi klo ke LN sendirian.
    Btw, terima kasih informasinya, jadi tau beberapa tempat ��

    ReplyDelete
  21. Jadi nambah insight baru nih, kalau ke Malaysia mending ke sini aja..

    ReplyDelete
  22. Kalau ga lihat caption, aku sudah ngira kalau itu bolu. Ternyata ice ball, hahaha

    ReplyDelete
  23. Penang punya daya tarkmsendiri ya mbak. dan mbak bisa kjalan jalan ke sana sendirian itu sungguh mantul

    ReplyDelete
  24. Pernah jalan-jalan sendirian di Medina waktu umroh, hasilnya saya nyasar, beuh... trauma banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sempet nyasar kok mba pas di penanng tapi asik mba heheheh

      Delete
  25. Aku belum sempwt main ke Penang. Terakhir kemarin main ke Putrajaya.

    ReplyDelete
  26. Penang ini lagi hits banget ya mbak? Ooo ternyata Little India tu di sana ya?
    Selain wisata juga terkenal buat berobat. Moga2 kelak bisa ke sana jg buat traveling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hits buat berobat mba hehehe. Di Singapore juga ada little India mbak. Ga cuma di Penang aja :)

      Delete
  27. Street art di Penang emang terkenal dan akhirnya banyak ditiru di kota dan bahkan nnegara lain

    ReplyDelete
  28. Penasaran sama museum camera-nya, pingin tau koleksi2nya. Dan little india juga, makanannya pasti enak2 di situ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Banyak makanan india yang authentic.

      Delete
  29. Ga nyobain naik becak super ramenya disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga sempet mba hehehe. Lagian enakan jalan kaki juga mba hehehe

      Delete
  30. Aku penasaran sama museum kamera deh, waktu kesana gk sempet masuk, foto doang di depannya. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya ya cuma kamera dari masa ke masa aja.

      Delete
  31. Penang unik dg kota tuanya, street artnya itu yaaa, cakeep. Kulinernya juga banyak

    ReplyDelete
  32. Aku nggak pernah mencoba jalan jalan sendirian mba jika ke suatu tempat wisata yang nggak pernah aku datangi. Kayaknya ngerasa hampa. ENtahlah ya kenapa gini. Makanya senangnya rame rame. Hhehe. Jadi pengen ke Penang nih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda2 ya mba tiap orang hehehe. Kalau rame kadang suka rempong mba.

      Delete
  33. Asik banget pergi sendirian ke Penang. Semoga aku bisa ke sana secepatnya :D

    ReplyDelete
  34. Wah kece nih mba Dewi solo traveler. Sip, ini bisa jadi panduan kalo aku ke Penang nanti. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  35. Aku pernah dikirimi kartu pos dari teman postcrossingku di Malaysia. Gambarnya segala macam mural street art di sana. Jadi kepengin kapan2 jalan2 ke Malaysia untuk menyaksikannya langsung.

    ReplyDelete
  36. Aku pernah jalan-jalan sendirian, waktu jadi berasa pelaan dan lama...
    Tapi positifnya, aku jadi bisa menikmati setiap hembusan angin, detik demi detik di jam tangan dan sangat menikmati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba. Jadi menghargai waktu ya. hehehe

      Delete
  37. Pengen balik ke sana deh nyoba makan ice ball, menggoda sekali deh kelihatannya

    ReplyDelete

Give Me Your Comments!