REVIEW K-DRAMA: LOVELY HORRIBLY (러블리 호러블리)

by - 16:11:00


Sumber: Asian Wiki
Sutradara: Kang Min-Kyung
Penulis: Park Min-Jo
Stasiun TV: KBS
Jumlah Episode: 32
Tanggal Rilis: 13 Agustus - 2 Oktober 2018
Jadwal Tayang: Senin & Selasa, 22:00


Ini kali kedua saya menonton drama Korea dengan genre horor. Drama Korea horor yang pertama kali saya tonton itu Master’s Sun. Drama Lovely Horribly ini merupakan drama genre horor yang bercampur komedi, romansa percintaan, supranatural dan misteri. Ya, sangat berbeda dengan Master’s Sun.

Saya memutuskan untuk setia mengikuti drama Lovely Horribly karena kesan pertama yang saya dapat setelah menonton episode pertamanya di KBS. Saya juga penasaran akan akting Song Ji-Hyo dalam Lovely Horribly setelah sekian lama Ji-Hyo vakum dari dunia akting dan sibuk di Running Man.


Drama Lovely Horribly yang tayang setiap senin dan selasa ini menggantikan drama Are You Human? (yang mempunyai rating cukup tinggi). 1 episode drama Lovely Horribly tayang selama sekitar 30 menit dan kita bisa langsung menonton 2 episode dalam sekali penayangan. Jadi, durasi 2 episode sekitar 1 jam.



Plot

Episode pertama dari Lovely Horribly dimulai dengan ritual yang dilakukan 0leh seorang dukun wanita bernama Kim Ok-Hee (Jang Young-Nam). Ritual yang dilakukan ini dengan harapan Oh Eul-Soon (Song Ji-Hyo) akan selalu beruntung di masa depan. Pada hari pelaksanaan ritual tersebut, Eul-Soon bertemu dengan anak Kim Ok-Hee, sang dukun, yaitu Eul Chook yang diperankan oleh Park Shi Hoo (nama asli dari Philip Yoo). Mereka berdua lahir pada hari dan tanggal yang sama, dan keduanya memiliki takdir yang unik. Jika yang satu mengalami kesialan, yang lain malah mengalami keberuntungan begitu juga sebaliknya.

Ketika ritual sedang berlangsung, Eul-Soon memberikan kalung keberuntungan yang selama ini dia pakai kepada Philip kecil dengan harapan Philip tidak akan sakit-sakitan lagi dan hidup bahagia. Akibatnya selama hampir 34 tahun, Eul-Soon mengalami kesialan. Ia menjadi seorang penulis naskah drama, namun sial naskahnya tidak pernah dilirik orang. Naskah dramanya malah dicuri oleh teman baiknya sendiri. Sehari sebelum Eul-Soon berusia 34 tahun, ia dipertemukan kembali dengan Philip Yoo dalam pembuatan drama yang ditulis oleh Eul-Soon sendiri. Dari situlah, kejadian aneh mulai terjadi dalam kehidupan mereka berdua. Banyak misteri yang perlu dipecahkan oleh mereka berdua, sampai mereka pun jatuh cinta padahal sebetulnya mereka tidak bisa bersatu karena takdir unik yang mengikuti mereka berdua. Bagaimana mereka melawan takdir mereka? Tonton sendiri ya kalau penasaran :p

Cast

Drama Lovely Horribly melibatkan banyak aktor dan aktris yang sudah sering muncul dalam drama Korea seperti Park Si Hoo, Song Ji-Hyo, Ham Eun-Jung, Choi Yeo-Jin dan Lee Gi-Kwang. Dari kelima tokoh utama yang saya sebutkan tadi, Lee Gi-Kwang bisa dibilang pendatang baru.

Park Shi Hoo

Sumber: Dramabeans
Saya jatuh cinta dengan akting Park Shi Hoo ketika menonton drama Prosecutor Princess. Di situ dia terlihat keren dan ahli banget dalam adegan kissing. Dalam Lovely Horribly, Park Shi Hoo yang biasanya memainkan peran seorang pria pemberani dan kaya malah berperan sebaliknya. Dia adalah seorang aktor sukses tapi ternyata penakut. 

Chemistry yang terjalin antara Park Shi Hoo dan Song Ji-Hyo menurut saya lumayan bagus walaupun saya agak gregetan ketika melihat keduanya melakukan adegan kissing. Song Ji-Hyo sepertinya tidak bisa mengimbangi keagresifan Park Shi Hoo.

Song Ji-Hyo

Sumber: koalasplayground.com
Saya baru tahu Song Ji-Hyo setelah menonton Variety Show Running Man. Dia merupakan ACE dari Running Man dan merupakan member wanita yang paling beruntung di Running Man. Di beberapa episode Running Man, Ji-Hyo selalu mendapat hadiah emas. Nah, dalam Lovely Horribly, Song Ji-Hyo malah memainkan peran yang berbeda dari kenyataan Dia memainkan peran sebagai seorang wanita yang selalu tertimpa sial namun tetap optimis. Akting Song Ji-Hyo di episode awal menurut saya agak sedikit kaku (mungkin karena saya lebih sering melihat dia dalam Variety Show ya, jadi ya aktingnya Ji-Hyo tidak luwes). 

Lee Gi-Kwang

Sumber: Asian Wiki
Akting Lee Gi-Kwang ternyata tidak kalah dengan para seniornya di Lovely Horribly. Dia memerankan karakter Lee Sung-Joong, seorang sutradara drama Korea yang bisa melihat hantu. Dia merupakan teman masa kecilnya Eul-Soon dan diam-diam suka dengan Eul-Soon.

Ham Eun-Jung

Sumber: Asian Wiki
Dari posternya saja kelihatan ya, Ham Eun-Jung yang berperan menjadi Shin Yoon-A , pacar pura-puranya Philip Yoo ini adalah tokoh antagonis dalam Lovely Horribly. Hidupnya Shin Yoon-A dipenuhi oleh kecemburuan dan sifat posesif ingin memiliki Philip Yoo seorang diri. Akting jahatnya Eun-Jung keren banget deh di sini. Saya jadi ikutan sebal setiap kali Eun-Jung muncul hehehehe.

Choi Yeo-Jin

Sumber: Asian Wiki
Tokoh antagonis lainnya dalam Lovely Horribly adalah Choi Yeo-Jin. Dia berperan sebagai Ki Eun-Young, seorang penulis naskah drama sekaligus sahabat dari Oh Eul-Soon. Menurut saya, aktingnya tidak kalah dengan Eun-Jung. Mereka sama-sama berhasil memerankan tokoh antagonis dalam drama ini.

Review

Drama Lovely Horribly yang dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas ini berhasil memikat penontonnya dengan keunikan genre ceritanya. Saya cukup jarang menonton drama Korea dengan genre horor. Sekalinya nonton pasti harus ada romansa dan komedinya. Tapi ternyata horor dalam drama Lovely Horribly ini menarik dan berbeda sekali dengan drama horor Indonesia (ya iyalah :p). 

Kelebihan drama Lovely Horribly ini terletak dari plot twistnya. Setiap plot twist memberi kejutan tersendiri untuk saya sebagai penonton. Saya tidak pernah mengira “hantu” yang selama ini dianggap jahat ternyata malah menolong Philip Yoo dalam kesusahan (spoiler dikit ya). Kalian dijamin akan terkejut dengan plot twist yang dibuat oleh si penulis naskah drama Lovely Horribly ini. 

Oh ya, di episode awal dalam drama Lovely Horribly kalian akan dihibur dengan penampilan spesial dari salah satu rekan Song Ji-Hyo di Running Man, Haha. Haha  merupakan cameo yang berperan sebagai pacar dari Oh Eul-Soon yang ikut-ikutan sial karena takdir yang dimiliki Eul-Soon. 
Selain plot twist dan cameo, kelebihan drama ini terletak pada efek grafisnya. Efek dalam drama Lovely Horribly ini patut diacungi jempol terutama ketika peristiwa kebakaran dan tanah longsor. Kita sebagai penonton bisa ikut merasakan tegangnya saat kedua peristiwa itu diceritakan terjadi. Apinya dan tanah longsornya terlihat real.

Akting Song Ji-Hyo sebagai cewek tomboy juga patut dipuji karena di sini dia harus bisa berkelahi, mengendarai mobil bak dan juga mengangkat benda-benda berat. Chemistry Song Ji-Hyo dan Park Shi Hoo lumayan sih tapi masih gregetan pas adegan kissing, kurang memuaskan penonton :p 

Kekurangan dari drama ini  adalah adanya cerita yang “bolong”. Contohnya saja kalung yang dimiliki oleh Eul-Soon. Dari mana kalung itu berasal dan apakah keberadaan kalung itu memang mempengaruhi takdir Eul-Soon? Karena di satu episode (saya lupa episode berapa), Eul-Soon dengan berani membuang kalung yang dianggap membawa keberuntungan. Di episode selanjutnya ternyata tanpa kalung itu dia bisa juga mengalami keberuntungan. Ada yang bisa bantu jawab? :)

Nah, sekian review k-drama kali ini. Untuk kamu yang sedang bingung mau nonton drama Korea apa lagi, coba deh nonton drama Lovely Horribly. Saya jamin kalian akan merasakan sensasi nonton drama yang berbeda. Drama romantis komedi yang berbalut horor pasti akan meninggalkan kesan tersendiri di hati kalian. 
Untuk yang sudah nonton Lovely Horribly, bagaimana pendapat kalian tentang drama ini?  Setuju tidak dengan review yang saya berikan? Share di kolom komentar ya, teman-teman.


7/10

You May Also Like

62 comments

  1. Waaah komplit banget reviewnyaaaa! Jadi pengen nonton juga, soalnya gue belum pernah nonton sebelumnya :D

    https://www.noovihandayani.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you. Gih nonton, jangan nonton sinetron azab mulu :p wkwkwkwk

      Delete
  2. Aku dah beberapa kali nonton drakor dengan genre horor tapi judul ini malah belon

    ReplyDelete
    Replies
    1. judulnya apa mba? Mau dong mba buat referensi.

      Delete
  3. Wah..ini yang main ji hyo ya. Suamiku suka dia nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, suaminya suka nonton drama Korea juga mba?

      Delete
  4. wah mba sampe detail begini reviewnya sebagai yang jarang nonton drakor jadi penasaran pengen nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba nonton hehehe. Thank you mba for reading.

      Delete
  5. Sudah ada recap nya blm ya? Hihi..saya suka baca recap per episodenya drpd nonton...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk. Seruan nonton lah mba. Sudah ada pastinya mba karena dramanya sudah tamat.

      Delete
  6. Fixed, aku mau nonton.
    Hahhah~

    Selama ini galau, mau bikin Are You Human atau engga...
    Karena akutu gak suka liat sisi gelap dari aktornya.

    Dan untuk Park Si Hoo ini...doi baru come back di dua drama yang bikin sukses setelah skandalnya beberapa tahun silam.

    Asa masih nempel dalam ingatanku si skandal Park Si Hoo...
    Uhuuuk~

    ReplyDelete
  7. Aku membacanya pelan-pelan, biar greget dan lebih mengerti ^^
    Maklumlah aku termasuk Hollywood mania.
    Drakor yang pernah aku tonton hanya 'All About Eve'
    Kurang suka nonton film berseri, gak sabar tunggu endingnya, HAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang aku nontonnya juga suka gregetan hehehe

      Delete
  8. Sudah nonton sampai selesai drama ini. Tapi agak kecewa juga sebenarnya sama endingnya. Kurang greget di akunya. Penasaran ama kehidupan karir Philip gimana setelah pohonnya di satukan. Selain itu kasian juga sama Sung Joong... Cinta tak berbalas hiks...Kalau soal keberuntungan Eul Soon meski kalungnya hilang, kayaknya mungkin si penulis pengin ngasih tahu aja kalau dlm hidup pasti selalu ada up and down yang nggak bisa dihindari alias takdir. Jadi beruntung atau sial bukan karena jimat dsb, tapi nggak tahu sih.. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga sih mba. Saya juga penasaran sama karir Philip.

      Delete
  9. Sudah lama sekali saya tidak menonton drama Korea. Terakhir nonton drama Korea itu tahun 2012 pas jaman kelas 10 SMK. Kalau bac review drama Korea gini aku kan jadi pengen drama Korea lagi. Hehehe.

    ReplyDelete
  10. Kalau horor drakor kayanya tetep nggak serem yaaa, yg main imut semua heheehe.

    ReplyDelete
  11. Soal kalung itu dikasih Bapaknya. Kan si Bapak itu percaya sama hal2 mistis. Kalau di Indonesia macam percaya dukun2 gitu. Aku udah nonton lama ya walaupun endingnya biasa aja karena mau Lee Sung-Joong bahagia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi itu karena kepercayaan orangtuanya ya mba. Endingnya memang agak kurang greget ya mba. Kasian si Lee Sung-Jong.

      Delete
  12. Saya terakhir nonton drakor itu pas masa2 SMA klo ga salah. Hehe...sejak jadi emak, gak suka nonton lagi �� btw, drakor ini horrornya gak horror banget berarti,ya hehe...dibumbui lucu jadinya biasa saja hehe

    ReplyDelete
  13. Aku belum berani nonton drakor yang genre horor. Apalagi yang judul Black. Hahaa serem. Mauku yang romantis atau lucu lucu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga jarang2 mba nonton horor. Ini karena ada Song Ji-Hyo aja makanya nonton hehehe

      Delete
  14. Di film korea ada juga cewek angkat barang berat2 yaa. Aku kira ceweknya jalan2 dan happy2 dowang. :D Bagus, niiih.

    ReplyDelete
  15. Wah kalo horor gini aku mungkin bisa suka dg Drakor nih. Penasaran sama akting Ji-Hyo di sini

    ReplyDelete
  16. Setelah teracuni oleh Lendy, sekarang aku nemu racun drakor juga di blog ini. Huhuhuh. Apakah aku harus menontonnya juga? Oh, Tuhan tolong hamba-Mu ini... :D

    ReplyDelete
  17. Ni gak cerita dan film, Kdrama ini slalu romantis ya ceritanya. Suka bikin baper ih

    ReplyDelete
  18. Boleh juga nih buat tontonan nanti libur akhir tahun. Biar gak jenuh dirumah aja, sever pula liat pemainnya yg cakep

    ReplyDelete
  19. aku kok belum tahu yaa ada film ini.. aku coba tanya sama adikku yang suka drakor deh hehee

    ReplyDelete
  20. Aku masukin list dulu deh Kdramanya, masih nonton serial yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah suka nonton juga ya bu. Skrg lagi nonton apa bu?

      Delete
  21. Aku udah nonton ini tapi baru ampe episode 10 kayaknya, aku nonton gara2 aktrisnya ji Hyo, favoritku di running Man, tapi aku belum lanjutin nonton, emm apa yah bagus sih Genre ya horor tp aq rasa ji Hyo dan pasangannya kurang cemistry mnrtku, terus kadang alurnya ke sana ke mari, jadi kadang bingung ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba. Aku juga nonton ini gara-gara Song Ji-Hyo. Chemistry nya kaya masih nanggung gitu ya mba.

      Delete
  22. Aku nggak suka film horor, baik itu cerita horor daerah atau negara mana pun..takut mbak haha

    ReplyDelete
  23. Aku belum berani nonton drakor. Takut ketagihan hehehehehe. Kalo filmnya masih nonton sesekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tergantung kita mengontrolnya aja mba hehehehe

      Delete
  24. Untuk drakor aku lebih suka sama genre romantis, fantasi sama komedi aja sih soale kalau horor belum berani soale akunya penakut haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nontonnya yang horor komedi kaya gini mba :)

      Delete
  25. Plot twist emang suka bikin kejutan ya mbak. Jd ini tu kyk ada nuansa misteri2 dan kepercaayaan2 gtu ya. Penasaran endingnya, walaupun gtu tetep pengennya endingnya tu yang happy2 aja haha

    ReplyDelete
  26. Aku baru bgt nih mulai nonton drama korea, aku noted dulu judul yg ini utk nanti ditonton.

    ReplyDelete
  27. Aku takut nonton film horor. Song Ji Hyo ini pernah main film horor terkenal tapi aku nontonnya cuma sampe sebelum hantunya muncul wkwk

    ReplyDelete
  28. Judulnya pake horribly, tapi kalau baca reviewnya kayaknya enggak sehoribel itu ya ;) Ada lucu2annya juga terkait dengan nasib apes yang dialami tokohnya.

    ReplyDelete
  29. drama korea bagus bagusss.. aku sukaa tapi gak betah kalo harus namatin berepisod episod, haha. suka yang sekali tamat aja. selama ini palung doyan genre romantis, yang horor gini belum pernah. lebih suka horor thailand, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nontonnya yang jumlah episodenya sedikit aja mba hehehe

      Delete
  30. Waktu nonton ini aku kesel banget deh lihat cewe yg suka sama Louis dan penulis yg temannya Ji Hyo

    ReplyDelete
  31. Saya jarang nonton film Korea. Tapi untuk genre horor, pernah nonton yang judulnya "Don't Worry, I'm a Ghost".

    Sukaaaa, karena endingnya ngga kebaca. Yang bikin bahagia lagi, ngga ada adegan kissing. Wkwkwk.. Kebalikan sama Mbak Dewi ya, yang suka adegan kissing..xixixi..

    Kurangnya cuma, pemeran cowoknya ngga ganteng, wahahaha.. tapi ceweknya cantik sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, dapet rekomendasi baru nih untuk liburan hehehe. Thank you mba.

      Delete

Give Me Your Comments!