Tips Berobat ke Penang

by - 21:44:00

Berobat ke Penang adalah pengalaman yang menyenangkan untuk saya. Selama berobat di Penang, saya belajar untuk lebih lagi menghargai waktu dan kesehatan yang diberikan kepada saya dan orang yang saya cintai. Banyak orang (termasuk saya) mengejar waktu dan kesehatan sampai ke Penang demi mendapat kesehatan yang didamba-dambakan. Sewaktu pulang berobat dari Penang, saya malah sempat bertemu dengan seorang kakek yang sudah renta, bahkan untuk jalan pun ia tidak sanggup. petugas maskapai sampai harus mengangkat kursi roda kakek itu untuk bisa masuk  ke dalam pesawat.

Teringat akan hal itu, saya ingin memberikan beberapa tips untuk teman-teman yang akan mengantar anggota keluarganya berobat ke Penang seperti saya.

1. Cek Jadwal Dokter

Tips berobat ke Penang yang pertama ini saya lakukan sebelum saya membawa mama saya berobat ke Penang. Saya mencari rekomendasi dokter yang oke terlebih dahulu setelah itu saya menghubungi customer service rumah sakit yang saya tuju (dalam hal ini Hospital Lam Wah Ee) untuk menanyakan jadwal dokter yang oke itu. Kalau kalian banyak pulsa, kalian bisa menghubungi rumah sakit yang dituju. Jangan sekali-kali datang berobat ke rumah sakit di Penang tanpa mengecek jadwal dokter karena bisa saja saat kalian datang, dokternya sedang mengambil cuti tahunan atau ternyata di Malaysia sedang libur nasional.

 


Hospital Lam Wah Ee
Website: www.hlwe.com
Tel: 604 - 6528 888
Fax: 604 - 6570 940
Hotline: 604 - 6571 898
Email: lamwahee@hlwe.com

Specialist Consultation Hours

Mondays to Fridays
9.00 am - 1.00 pm
2.00 pm - 4.30 pm
Saturdays
9.00 am - 1.00 pm
Sundays / Public Holidays
Closed

2. Selalu Bawa Paspor  
Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang wajib kalian bawa ketika berobat ke Penang. Dokumen ini berguna ketika kalian mendaftarkan anggota keluarga kalian untuk berobat jalan di Penang. Kalau di Hospital Lam Wah Ee, kalian akan diminta untuk menyerahkan paspor kalian dan mengisi form pendaftaran rawat jalan.

3. Kartu Berobat
Nah, kalau sudah melakukan registrasi di rumah sakit yang dituju, jangan lupa untuk membawa kartu berobat rumah sakit setiap kalian ingin bertemu dokter. Kalian tidak akan bisa berobat tanpa kartu berobat tersebut.


4. Bawa Hasil Pengobatan Sebelumnya
Tips berobat ke Penang yang keempat ini penting untuk diingat. Dokter di sana pasti ingin tahu alasan kita berobat sampai jauh-jauh ke Penang, Malaysia. Daripada mengulang pemeriksaan yang tidak diperlukan, sebaiknya kalian membawa hasil pemeriksaan pasien yang sudah pernah dilakukan di Indonesia seperti CT Scan, MRI, hasil Patologi Anatomi (PA), cek darah, dll. Pokoknya yang berkaitan dengan penyakit pasien. Dokter di Penang baik-baik kok. Mereka tidak menolak ketika kita memberikan hasil pemeriksaan dari rumah sakit di Indonesia. Tapi ingat ya, bawa hasil pemeriksaan 1 tahun terakhir saja. Jangan sampai kalian bawa hasil pemeriksaan yang sudah berumur sampai 5 tahun :p
5.          Banyak Tanya!
Tips ini sih berlaku di semua situasi berobat ya. Terkadang ada juga dokter di Penang yang terlihat terburu-buru ingin menyudahi pemeriksaan. Bukan karena mereka tidak mau berbicara dengan pasien tapi karena banyak pasien yang mengantri mau bertemu mereka. Nah, kita sebagai pasien jangan diam saja. Tanya saja yang ingin ditanyakan kepada dokter. Tanya sebanyak mungkin kalau perlu dicatat di buku kecil. Itu hak kita sebagai pasien atau yang menemani pasien. Kita sudah datang jauh-jauh berobat ke Penang kok, masa kita membawa hasil sedikit. 

6. Datang Pagi atau Siang?
Saya tidak pernah datang terlalu pagi ketika berobat di Penang bersama mama dan kakak saya. Mungkin karena jarak apartemen dan Hospital Lam Wah Ee yang hanya 280 meter membuat kami jadi santai. Poli yang kami tuju juga tidak seramai poli-poli yang diminati seperti poli kandungan atau jantung. Kami selalu datang sebelum lunch. Pernah sekali kami datang pagi, eh ternyata dokternya belum datang. Bosan juga kan kalau menunggu terlalu lama.


Antrian Tidak Terlalu Ramai Kalau Siang Hari
7.           1 Hari Tambahan
Jika kalian sudah selesai konsultasi dengan dokter di Penang dan dokter memberikan resep obat, kalian harus sediakan 1 hari ekstra untuk memastikan apakah obat yang diberikan itu cocok dengan badan kalian atau tidak. Kalau tidak ada reaksi apapun, kalian bisa pulang keesokan harinya. Sedangkan jika muncul reaksi di badan kalian, tandanya kalian harus ke rumah sakit lagi untuk bertemu dokter perihal ketidakcocokan obat
8.         Booking Kamar
Ini lumayan penting juga untuk dilakukan. Selama 2 kali saya menemani mama berobat ke Penang, saya selalu menghubungi orang yang menyewakan Mewah Court di Penang. Saya mendapatkan rekomendasi dari teman saya yang waktu itu sedang berobat di Penang juga. Kebetulan orang tersebut satu suku dengan saya dan apartemennya juga cukup bersih dan fasilitasnya lengkap. Orang tersebut bernama kak Meliana Panjaitan. Beliau mempunyai bisnis sewa kamar apartemen Mewah Court yang jaraknya tidak jauh dari Hospital Lam Wah Ee, dan menjalankan bisnis ini bersama suaminya, seorang Chinese warga negara Malaysia. Mereka cukup membantu semua tamu-tamu yang menginap di tempat mereka. Untuk teman-teman yang hendak berobat di Hospital Lam Wah Ee, Penang dan ingin menginap di apartemen dengan harga dan fasilitas yang oke, boleh ya menghubungi saya lewat e-mail. 


Mewah Court Apartment Blok 98

9.         Bawa Cukup Uang
Tanpa membawa ini, kalian tidak akan bisa membayar apapun di rumah sakit. Tips dari saya untuk kalian yang mau berobat ke Penang, sebaiknya selain uang kalian bawa kartu kredit yang limitnya sampai dengan 5 juta. In case, uang tunai kalian kurang ketika berobat di sana. Pengalaman saya kemarin sih begitu.
10. Rujukan ke Poli Lain
Kalau ini berlaku hanya untuk teman-teman yang berencana berobat ke Hospital Lam Wah Ee, Penang saja ya. Jadi, di perjalanan medis saya yang kedua waktu itu, saya mengusulkan untuk ke dokter Onkologi setelah selesai menyelesaikan pembayaran untuk konsultasi dokter Ortopedi. Alhasil, biaya untuk registrasi dokter Onkologi dikenai biaya pendaftaran pasien baru (lebih mahal). Padahal saya seharusnya bisa bilang ke dokter Ortopedi untuk memberi rujukan ke poli lain supaya tidak dianggap pasien baru lagi dan dikenai biaya yang lebih murah.   


Perlu diingat bahwa kita berobat ke Penang bukan karena tidak percaya akan dokter-dokter di Indonesia. Banyak juga kok dokter-dokter yang bagus di Indonesia. Sayangnya, sistem manajemen rumah sakit di Indonesia itu terlalu merepotkan dan melelahkan pasien, termasuk pihak yang menemani pasien. Efeknya, banyak orang Indonesia pergi berobat ke luar negeri seperti ke Penang, Malaysia.

Nah, sampai di sini ya tips-tips dari saya untuk teman-teman yang sedang galau ingin berobat ke Penang atau hendak membawa anggota keluarganya berobat ke sana. Semoga tips berobat ke Penang dari saya bisa bermanfaat untuk kalian semua!


Teman-teman ada yang punya pengalaman berobat ke Penang seperti saya juga? Punya tips-tips selain yang saya sebutkan di atas? Silahkan dibagikan di kolom komentar ya!

You May Also Like

52 comments

  1. Belom pernah ke Penang sama sekali.. Kayanya asik juga ya kalo traveling ke sana. Btw semoga cepet sembuh buat nyokap ya dew... :)


    https://www.noovihandayani.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asik kok. Makanannya murah2. Thank you doanya :D

      Delete
  2. Penang ini memang salah satu kota yang menjadi second opinion untuk berobat orang Indonesia. Namanya juga usaha ya, semoga orang-orang yang berobat segera diberi kesembuhan...

    ReplyDelete
  3. Aku pernah ke Penang, brgkt penerbangan pagi dan pulang penerbangan paling malam, dalam pesawat banyak penumpang yg akan pergibl atau oulang berobat. Penang memang terkenal ya sbg tmp berobat yg bagus disamping wisatanya yg menarik

    ReplyDelete
  4. Temenku ada yg pernah mrnjalani operasi lasik mata di Penang. Nah, dia cerita juga tuh tips2nya, termasuk spare beberapa hari utk pastikan gk ada efek samping setelah operasi atau perihal obat

    ReplyDelete
  5. Nah..mantaab nih tips2 nya,semoga membantu bagi yang akan berobat ke Penang. TFS ya..

    ReplyDelete
  6. Semangat mamanya mbak dewi! Semoga lekas diberi kesembuhan yaaa, kalau soal banyak tanya ya aku sendiri suka bete kalau ada dokter yang pas ditanya malah gusar. Padahal kan aku bayar buat konsultasi ckck..

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah berobat ke Penang. Tetapi, banyak yang merekomendasikan, ya

    ReplyDelete
  8. Aku udah ngerasain antri di RS yang ada di Indonesia. Antriannya bikin nangis, dan lambat di bagian pendaftaran. Kasihan yang ngajak orang tuanya pada tiduran di RS, padahal cuma mau kontrol. Semoga lekas sembuh ya Mamanya Mbak Dewi.

    ReplyDelete
  9. aku banyak baca review yang bagus mengenai berobat ke Penang. Keren memang fasilitas dan layanannya ya mba

    ReplyDelete
  10. wah baru tahu kalau di penang ada juga tempat berobat kece, aku cuma tahunya johor.... Informasi menarik dan bener banget banyak bertanya biar nggak sia-sia datang kesana berobat ya kak

    ReplyDelete
  11. Fasilitas dan pelayanan kesehatan di sana lebih terjamin ya, jadi banyak yang berobat ke Penang

    ReplyDelete
  12. Asyik yaa antrian polinya gak terlalu ramai, padahal biasanya kalau dokter spesialis yg bagus antriannya selalu puanjaaang :)

    ReplyDelete
  13. Mereka yang sakit pastinya melakukan ikhtiar kemana-mana ya termasuk ke Penang. Btw ternyata mudah ya kalau mau berobat kesana.

    ReplyDelete
  14. Kebetulan aku asalnya dari Sumut.
    Kalau di Medan dan sekitarnya, pergi ke Penang seperti mau pergi ke pasar saja.
    Apalagi ada penerbangan low cost carrier dari Kualanamu.

    Penang memang terkenal dengan layanan rumahsakitnya.

    ReplyDelete
  15. Semoga mama dan kakakmu segera sembuh ya. Jauh juga berobat ke sana tapi alhamdulillah dapat kemudahan ya

    ReplyDelete
  16. Aku pernah sekali ke Penang tapi dalam rangka nemani suami yg ada seminar disana. Suami seminar akunya liburan. Semoga kita semua tetap sehat ya. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Tipsnya sangat bermanfaat mba, dulu pernah antar alm nenek ke rumah praktik dokter tapi kami kurang memperhatikan jadwal, jadinya antri ber jam-jam
    Btw sy blum pnh ke Penang, penasaran jg bgmna metode pengobatan di sana

    ReplyDelete
  18. Selain ke singapura, Penang jadi pilihan lainnya untuk berobat yaa, Mba

    ReplyDelete
  19. Beberapa teman atau kenalan aku juga milih Penang buat berobat, mba. Btw aku baru tahu kalau harus sewa atau booking dulu ya mba

    ReplyDelete
  20. kapan ya di Indonesia bisa kaya di Penang. sedih juga sih dengan sistem berobat di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah berobat ke Penang. Aku nggak sukanya berobat di rumah sakit umum daerah seperti di tempat tinggal saya itu bayar sendiri atau pakai asuransi kesehatan itu pelayanannya sama saja. Harus menunggu antrian yang lama gitu deh.

    ReplyDelete
  22. Aku belum pernah berobat ke Penang. Aku nggak sukanya berobat di rumah sakit umum daerah seperti di tempat tinggal saya itu bayar sendiri atau pakai asuransi kesehatan itu pelayanannya sama saja. Harus menunggu antrian yang lama gitu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti sabar-sabar mba kalau berobat di RSUD Hehehehe

      Delete
  23. Bener juga ya harus menyediakan extra hari tambahan, jaga2 kalau ada reaksi terhadap obatnya, jauh kan kalau harus balik lagi

    ReplyDelete
  24. Dlu banyak juga yang berobat ke Melaka. Btw, infonya bermanfaat sekali mbak. Terima kasih....

    ReplyDelete
  25. Wiiihhh infonya kumplit mba, sering sih denger orang-orang berobat ke Penang juga. Penasaran sebagus apa sih di Penang hihihi

    ReplyDelete
  26. Ku belum pernah berobat keluar negeri. Tapi emang sering denger sih, katanya banyak yang suka berobat ke sana

    ReplyDelete
  27. suatu saat mungkin aku mau cobain ke Penang tapi bukan utk berobat, hehehe..

    ReplyDelete
  28. Wah infonya bermanfaat sekali Kak Dewi heheh. Kudoakan semoga ibu Kak Dewi cepat sembuh ya hehehe

    ReplyDelete
  29. Banyak juga orang Indonesia yg berobat ke Penang ya. Banyak dokter ahli yg rekomended kah disana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mba. Di sana tidak ada dokter muda yang boleh menangani pasien mba. Semua sudah ahli.

      Delete
  30. Dulu kakek telat diajak ke Penang buat berobat. Andai ditangani mungkin beliau masih ada sekarag

    ReplyDelete
  31. Selain Singapore, Penang sekarang jd primadona ya. Ah, smg semua sehat2 yaa

    ReplyDelete
  32. Aku pengen banget main ke Penang. Bukan untuk berobat sih pengen hunting foto aja. Kapan2 deh kalo ke Malaysia ta mampir Penang.

    ReplyDelete
  33. Kalo dokter di Indonesia sudah ga kasih harapan, boleh cari second opinion ke Penang yaa.

    ReplyDelete
  34. Ada kenalan suamiku yang selalu ke Penang tiap berobat. Katanya diagnosa nya lebih cepat, nggak bertele-tele

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba. Ngga seperti di sini. Lamanya minta ampun.

      Delete
  35. Banyak ya yang berobat keluar negeri dengan alasan masing-masing. Ya intinya si ikhtiar yang terbaik demi kesembuhan

    ReplyDelete
  36. Penang terkenal banget sebagai tujuan berobatnya orang-orang indonesia. Mungkin karena indonesia masih kurang memadai ya fasilitas kesehatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba. Indonesia fasilitas kesehatan dan sistemnya masih perlu diperbaiki.

      Delete
  37. Jadi tahu apa aja yang harus dipersiapkan kalau mau berobat ke luar negeri. Semoga sistem pengobatan di Indonesia jadi lebih baik, biar nggak perlu ke luar negeri saat sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga ya mba. Jadi kita ngga perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri :)

      Delete
  38. Lekas sembuh untuk ibunya mba, namanya juga ikhtiar ya soal hasil biar tuhan yang punya urusan

    ReplyDelete
  39. Lengkap banget tipsnya Mbak.
    Kalau udah buat janji, jadi gak harus ngantri lama lagi ya Mbak. Yg sakit juga gak harus capek karena nunggu.
    Cepat sehat kembali ya Ibunya, Mbak:)

    ReplyDelete
  40. Penang emg femes bgt ya pengobatannya, pdhl aq taunya penang itu ya street art nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Pengobatannya juara deh kalau dibandingin dengan Indonesia.

      Delete

Give Me Your Comments!