5 Tips Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

by - 22:54:00

Sejak mama saya mengalami sakit beberapa tahun belakangan ini, saya semakin sadar akan pentingnya memiliki hidup lebih sehat dan bahagia. Percayalah, sakit itu lebih mahal dari pada sehat saudara-saudara. Banyak biaya yang perlu kita keluarkan jika kita sakit. Dimulai dari biaya konsultasi dokter, cek darah, obat-obatan dan biaya pemeriksaan lainnya. Nah kalau hidup lebih sehat itu sebetulnya tidak mahal kok. Banyak hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk dapat hidup lebih sehat dan bahagia. Yuk dibaca...

#MINUM AIR PUTIH 

Minum Air Putih
Sumber: Pixabay

Mungkin tidak banyak orang yang sadar dengan pentingnya air putih bagi kesehatan badan kita. Siapa di sini yang selalu minum teh manis, jus buah, atau minuman manis lainnya selain air putih kalau mampir makan di restoran? Kenapa sih sebaiknya kita tidak boleh minum minuman selain air putih setelah makan? Karena minuman manis mengandung banyak kalori yang akan membuat tubuh kita semakin gemuk. Jadi, sebaiknya setelah makan kita tidak minum minuman selain air putih ya. Eits, tapi jangan langsung minum air putih ya selesai makan. Minumlah air putih satu jam setelah makan. Loh kok? Iya, karena minuman yang masuk bersamaan dengan makanan akan mengganggu proser terserapnya makanan ke dalam tubuh kita

Sebetulnya apa saja sih manfaat air putih? Masa sih bikin hidup lebih bahagia? Yuk, intip sederet manfaat air putih (dikutip dari alodokter): 
  • Menjaga kadar cairan tubuh.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. 
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. 
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Sehari kita harus minum berapa liter air putih sih? 
Berapa banyak air yang harus kita minum itu tergantung pada umur dan berat badan kalian juga. Saya punya sedikit informasi nih tentang berapa banyak air yang harus kita konsumsi setiap hari. 

Minum Air Putih Setiap Hari
Sumber: https://visual.ly


#OLAHRAGA RUTIN SETIAP HARI 

Jalan Kaki Setiap Hari
Sumber: Pixabay

Bagi kita yang hidup di kota besar pasti mengalami kesulitan untuk melakukan hal ini. Alasannya pasti waktu. “Ah, aku ngga sempet olahraga”. Padahal untuk berolahraga tidak perlu loh kita menghabiskan waktu sampai berjam-jam, cukup 30 menit saja setiap hari.

Olahraga apa ya yang cocok untuk saya?
Pertama kali membiasakan olahraga, saya juga bingung. Mau fitness tapi kok mahal banget ya. Mau beli alat-alat fitness juga mahal. Saya pun memutuskan untuk memilih jalan santai sebagai alternatif olahraga. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar fitness centre, personal trainer atau alat-alat fitness. Yang perlu dipersiapkan hanya baju olahraga dan niat yang kuat :) Kalau saya sih biasanya bangun jam 5 pagi, lalu jalan pagi keliling komplek sama mama saya. 

Oh ya, setelah olahraga jangan makan sembarangan ya. Sebaiknya minum air putih dan makan buah selesai berolahraga. Baru setelah itu baru sarapan. Sarapannya harus yang sehat juga ya. Jangan makan nasi uduk! :P

Eh, emang apa sih manfaat rutin berolahraga? 
  • Mencegah penyakit jantung dan stroke. 
  • Mengendalikan diabetes (jika ada yang memiliki penyakit diabetes)
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mencegah nyeri punggung.
  • Mencegah obesitas. 
  • Menekan risiko osteoporosis (pengeroposan tulang)
  • Mengatasi stress. 
  • Membuat tidur lebih nyenyak. 
  • Dan sederet manfaat lainnya. 

Masih menolak untuk berolahraga? Mulai berolahraga dari sekarang untuk hidup lebih sehat dan bahagia!

#MENGKONSUMSI MAKANAN ASLI

Buah dan Sayur Segar
Sumber: Pixabay

Asli di sini maksudnya tidak mengalami proses. Sekarang hidup kita banyak dikelilingi oleh makanan proses yang didalamnya mengandung banyak zat pengawet, lemak tidak sehat, perasa buatan dan banyak bahan lainnya yang seharusnya tidak masuk ke dalam tubuh kita. Makan-makanan asli dari alam mungkin repot untuk dipersiapkan tapi efek mengkonsumsi makanan asli itu jangka panjang loh teman-teman. Makanan asli membantu kita terhindar dari tindakan medis yang super mahal itu. Apa saja sih makanan asli itu? Buah-buahan, kacang-kacangan, yang paling penting itu sayuran. 

Boleh ga sayur dimasak? Sebetulnya tidak boleh karena proses memasak akan mengurangi kandungan yang terdapat dalam sayur-sayuran tersebut. Jika terpaksa harus dimasak, jangan masak sayur-sayuran sampai lembek ya. Masaklah sekitar 2-5 menit saja agar nutrisinya tidak berkurang. 

Susah? Ya saya tahu. Sampai sekarang pun saya masih belajar untuk makan-makanan asli. Sebisa mungkin saya makan-makanan rumah dan tidak jajan di luar supaya hidup saya lebih sehat dan hati juga bahagia. 

#STOP MAKANAN SIAP SAJI

Burger
Sumber: Pixabay

Ya, saya mengerti kesibukan teman-teman semua. Apalagi sekarang kalau mau pesan makanan tinggal klik klik terus makanan sudah diantar sampai depan rumah. Justru hal ini lah yang tidak membuat kita sehat apalagi bahagia. Mungkin bahagia sesaat karena rasa makanannya enak daripada makanan alami tapi tidak akan bisa menggantikan kebahagiaan karena senang memiliki badan yang bugar dan sehat.

Saya tahu betapa susahnya berhenti berteman dengan makanan siap saji. Namun ingat saja efeknya. Nih beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat seringnya mengkonsumsi makanan siap saji: 
  • Obesitas
  • Kerusakan hati 
  • Kerusakan jantung
  • Diabetes
  • Gangguan pada dinding lambung 
  • Tekanan darah tinggi 
  • Kanker 
  • Radang sendiri
  • Jerawat
  • Osteoporosis

Yuk, pelan-pelan kita bisa menjauhi makanan siap saji. Jangan berteman dengan mereka supaya hidup kita lebih sehat dan bahagia. 

#HINDARI GULA

Stop Diabetes
Sumber: Pixabay

Ini paling penting loh. Hayo ngaku berapa banyak dari teman-teman semua yang tidak bisa hidup tanpa gula. Minum kopi atau teh tanpa gula rasanya seperti ada yang kurang gitu ya. Kenyataannya gula itu tidak baik loh teman-teman. Gula ini menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun. 

Nih beberapa bahaya gula berlebih buat tubuh kita: 
  • Kerusakan gigi. 
  • Mengalami obesitas.
  • Menderita penyakit diabetes. 

Yuk, mulai menghindari gula demi kebaikan dan kebahagiaan tubuh kita. 

Sebetulnya masih banyak lagi cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk hidup lebih sehat dan bahagia. Tapi berhubung bolehnya 5 tips, ya segini dulu saja ya teman-teman. 

Buat teman-teman yang mau belajar untuk hidup lebih sehat dan bahagia. Saya sarankan untuk membaca bukunya mba Inge Tumiwa-Bachrens. Di situ akan dijelaskan lebih detail tentang bagaimana seharusnya kita makan dan makanan apa saja yang seharusnya masuk ke dalam tubuh kita. 

http://www.projecteatingclean.com
Sumber: http://www.projecteatingclean.com

Baca: Rekomendasi Buku Eating Clean by Inge Tumiewa Bachrens

Sekian teman-teman. Kalau teman-teman semua, punya tips untuk hidup lebih sehat dan bahagia selain dari 5 tips di atas? Tulis di kolom komentar ya. Salam sehat!!!

“Konsisten menjaga apa yang masuk ke dalam mulut dan perut adalah penentu apakah hidup kita akan sehat berkualitas atau tidak.” -Erikar Lembang

You May Also Like

1 comments

  1. Iya e, malah mbak saya bilang kalo sayur yang dimasak cenderung ngga ada vitaminnya lagi, jadii rasanya kaya 'ngapain makan sayur masak dong?' gituu

    ReplyDelete

Give Me Your Comments!