5 Wisata Anti Mainstream di Bandung

by - 11:25:00

Bandung selalu menjadi destinasi wisata favorit untuk warga Jakarta pada saat libur panjang atau akhir pekan. Selain karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta, banyaknya pilihan tempat wisata di Bandung juga merupakan alasan lain warga Jakarta lebih memilih untuk berlibur ke Bandung. 

Saya jadi ingat waktu berlibur ke Bandung bersama sahabat saya selama 3 hari 2 malam di tahun 2014. Saat itu tempat wisata di Bandung belum sebanyak dan sebagus sekarang. Tahun lalu saya sempat juga ke Bandung tapi lagi-lagi tempat yang saya kunjungi itu bukan tempat populer yang selalu muncul di feed instagram.

Nah, kali ini saya akan membagikan tentang 5 tempat wisata di Bandung yang ga biasa (bahasa kerennya anti mainstream). Tempat-tempat ini mungkin tidak terlalu sering dikunjungi oleh travelers di tahun 2018 tapi tidak ada salahnya untuk mengunjungi 5 tempat yang akan saya ceritakan di bawah ini. Harga tiket masuk ke semua tempat ini termasuk murah, kecuali Amazing Art World ya hehehe. Selain itu, semua tempat wisata di Bandung yang saya mau ceritakan ini juga bagus untuk jadi objek foto dan dipasang di Instagram loh *penting*. 

PASKAL FOOD MARKET

Dok. Pribadi

Tempat ini saya kunjungi bersama sahabat saya, Ayu, di tahun 2014. Dia tahu banget saya suka makan, jadi dia menyarankan agar tempat wisata di Bandung ini dimasukkan ke dalam rencana perjalanan kami. 

Paskal Food Market ini cocok banget untuk kamu yang doyan kulineran. Berbagai macam makanan di jual di sini. Dari mulai mie kocok sampai batagor. Kalau saya sih puas makan batagornya. Beda banget rasa batagornya sama abang-abang batagor di pinggir jalan hehehehe. Harga makanan dan minuman di Paskal Food Market cukup terjangkau, sekitar Rp. 10.000 - Rp. 40.000. Jangan lupa ya ada pajak 10% untuk setiap makanan dan minuman yang kamu beli di sini. Kalau favorit saya sih Batagor Abun! Rasa batagornya juara banget, berasa banget ikannya. 

Dok. Pribadi

Oh ya, untuk masuk ke dalam Paskal Food Market ini kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu dari depan gerbang Paskal Hyper Square. Nah, di depan Paskal Food Market ini kalian akan melihat Fountain of Hope and Luck. Di sini ada patung orang yang sedang memegang cincin. Konon kalau koin yang kalian lempar masuk lewat cincin itu, katanya sih kalian akan mengalami keberuntungan. Katanya…. 

Dok. Pribadi

Oh ya untuk kalian yang sudah pernah ke sini dan butuh rekomendasi kuliner lain di Bandung. Ada banyak nih di Buka Review

Alamat
Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA

Dok. Pribadi

Dulu tahun 2014 saya jalan-jalan ke Bandung, belum ada tuh yang namanya ojek online. Adanya ojek pangkalan. Dari Dago Pakar menuju Taman ini sebenarnya ga jauh. Hanya saja jalanan menuju ke sana seperti mendaki gunung.Waktu itu saya dan Ayu lebih memilih nekat jalan kaki sambil gembol tas ransel daripada buang-buang uang naik ojek. Hal ini dikarenakan Taman Hutan Raya ini merupakan destinasi wisata terakhir kami di Bandung. 

Tempat ini ga kalah seru dengan tempat wisata lain di Bandung. Kalian bisa bersentuhan langsung dengan alam di sini dan ada beberapa goa yang bisa kalian kunjungi di dalam Taman Hutan Raya ini. Saran saya kalau kalian penasaran mau masuk goa, jangan lupa sewa senter dan tour guide supaya ga nyasar kalau mau keluar goa hehehehe. Saya waktu itu hanya sempat mengunjungi satu goa saja, yaitu Goa Jepang. Saat tour guide menjelaskan tentang sejarah Goa Jepang, saya langsung merinding. 

Dok. Pribadi

Selain wisata alam, Taman Hutan Raya ini juga bisa jadi referensi untuk kalian yang sedang mempersiapkan pra pernikahan atau prewedding. Jangan lupa izin dengan petugas setempat kalau mau melakukan foto prewedding ya dan pertimbangkan cuacanya juga. 

Harga tiket masuk Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini tidak mahal, cukup mengeluarkan uang Rp. 10.000 saja. Lokasinya juga cukup strategis kok. Kalau kamu suka naik kendaraan umum, naik angkot saja yang menuju Dago Pakar. Dari Dago Pakar, kamu bisa naik ojek. 

Alamat: 
Kompleks Tahura, Jl. Ir. H.Djuanda No.99, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat 40198

MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA 

Ruangan Konferensi Asia Afrika

Tidak banyak tempat yang saya kunjungi bersama Ayu di tahun 2014 waktu itu. Tapi tempat ini merupakan salah satu tempat yang ga terlalu populer untuk dikunjungi tapi sayang kalau dilewatkan. 

Tempat wisata ini menyimpan sejarah panjang tentang mengapa Konferensi Asia Afrika ada serta dokumentasi seputar konferensi internasional terbesar yang pernah diadakan di Bandung. Tidak lupa kamera yang dipakai untuk meliput Konferensi Asia Afrika di Bandung. 

Di Museum Konferensi Asia Afrika kamu juga bisa membaca Dasa Sila Bandung dalam berbagai bahasa serta mendengar suara presiden pertama kita, yaitu Bapak Soekarno. Kalian juga bisa memasuki ruangan besar tempat diadakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung. Di situ terdapat bendera berbagai negara Asia dan Afrika peserta Konferensi Asia Afrika.

Untuk masuk ke Museum Asia Afrika, kalian tidak perlu bayar sepeser pun alias gratis tis tis. Daripada menghabiskan duit untuk foto-foto di tempat wisata, lebih baik berkunjung di sini.

Alamat:
Jalan Asia Afrika No.65 Bandung 40111 West Java Indonesia

AMAZING ART WORLD

Dok. Pribadi

Buat kalian yang suka foto-foto dan pengagum karya seni 3D, tempat wisata di Bandung ini cocok banget untuk kalian datangi. Amazing Art World ini merupakan Museum 3D Art terbesar di Bandung. Tempatnya baru dibuka 1 Januari 2017 kemarin. Kalau mau mengunjungi museum ini, kalian wajib membawa ponsel atau kamera yang baterainya sudah terisi penuh. Sayang kan sudah masuk ke sini tapi ga foto-foto. Museum 3D Art di Bandung ini katanya sih merupakan museum dengan koleksi 3D terbesar di dunia dengan kualitas lukisan yang tidak perlu diragukan lagi. 

Hayo, siapa yang mau foto seru kaya gini?

Tiket masuknya mahal ga? Menurut saya rada mahal. Saya saja ke sini dibayarin kantor hehehe. Untuk umum harga tiket masuk saat weekdays itu Rp. 100.000. Kalau di weekend, kalian harus mengeluarkan uang Rp. 130.000. Buat pelajar atau mahasiswa tidak perlu khawatir, ada harga khusus untuk kalian, yaitu Rp. 80.000 saat weekdays dan Rp. 100.000 saat weekend. Tips dari saya sih, kalian datang di pagi hari karena pasti masih sepi dan enak untuk foto-foto. Yang paling penting ga perlu berebut foto dengan pengunjung lain.

Alamat: 
Jl. DR. Setiabudhi No.293-295, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154

MARIBAYA NATURAL HOT SPRING RESORT

Dok. Pribadi

Kalau tempat wisata Bandung yang satu ini saya kunjungi bersama teman-teman kantor di tahun lalu. Letaknya tidak jauh dari Amazing Art World. Harga tiket masuknya juga terjangkau, cukup Rp. 35.000 saja. Di sini kalian bisa santai-santai dengan keluarga dan merasakan hangatnya air panas di kolam pemandian. Kalau kamu dan keluarga menghabiskan waktu lebih dari 1 hari, kalian bisa menginap di sini karena tempat wisata ini juga menyewakan resort. Kalau kalian merasa daerahnya kurang strategis, coba deh kalian intip review akomodasi di Bandung yang ada di Buka Review. 

Kalau kalian berkunjung ke Maribaya bersama anak atau keponakan ga perlu khawatir mereka akan cranky karena Maribaya Hot Spring Resort ini menyediakan playground untuk anak-anak dan mini zoo. Di dalam mini zoo, anak-anak bisa diajak untuk memberi makan kepada domba dan kelinci.

Satu yang perlu diingat bahwa Maribaya Hot Spring Resort ini berbeda ya dengan The Lodge Maribaya. Namun, lokasi kedua tempat ini memang berdekatan. Kalau berkunjung ke the Lodge Maribaya kalian bisa mengeluarkan uang hanya untuk foto-foto saja. Nah di sini kalian bisa santai, tenang, dan menikmati kolam pemandian dan tubuh juga jadi lebih sehat. Ga perlu stress ngantri foto hehehe

Alamat: 
Jl. Raya Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Itu dia 5 tempat wisata anti mainstream yang bisa kalian kunjungi di Bandung. Wisata ke Bandung itu ga melulu ke The Lodge Maribaya atau Trans Studio Bandung yang mahal dan harus ngantri. Banyak tempat kece di Bandung yang bisa dijelajahi dan datangi kok. Kalian punya rekomendasi wisata anti mainstream lain di Bandung ga nih? Kalau ada boleh banget loh, tulis rekomendasinya di kolom komentar :)

You May Also Like

90 comments

  1. Tfs infonyaaa mbaak, bookmark duluu nanti kalau pas main ke bandung hehehe. . belum pernah main ke bandung soalnyaa. salam kenaal yaa mbak :D

    ReplyDelete
  2. Aku tuh ingin ke museum konferensi Asia-Afrika buat belajar sejarah. Keknya zaman sekolah bolak-balik dibahas tentang KAA ini, kan.

    Trus yang Paskal itu lagi ngehits ya. Event blogger sering tuh di Paskal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ya mba? Soalnya yang lebih sering muncul di sosmed itu lembang floating market hehehe

      Delete
  3. makasiiih info nya dewi. ntar didatengin satu-satu 😊

    ReplyDelete
  4. Reviewnya mantap dan detail bu... Mauliate

    ReplyDelete
  5. wkwkwkw, satupun belum ada yang pernah saya kunjungi, beneran deh saya kudu rajin nabung buat traveling.
    Ada banyak tempat yang menarik di kunjungi.
    Amazing art world itu keren mba, tapi masuknya lumayan yak hehehe

    Semoga bisa berkunjung ke Bandung :)

    ReplyDelete
  6. Wah!! Langsung catat untuk rencana jalan2 selanjutnya! Thank you!

    ReplyDelete
  7. Wah, boleh juga nih ke tempat2 ini kalo ke Bandung lagi. Aku pernah ke Bandung, cuma ke alun alun sama taman kota aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah ke taman kota. hehehe.

      Delete
  8. Paskal kayaknya yang ada mallnya juga, ya. Soalnya orang tua saya kalau ke Bandung suka belanja di sana. Saya malah pengen banget ke Tahura. Sekalian cari penginapan di sekitar sana, deh. Buat menghindar macet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ada mall nya juga. Banyak penginapa juga kok deket Tahura situ.

      Delete
  9. Banyak tempat menarik ya di Bandung. Lihat foto Mbak kok saya jadi teringat dengan teman saya orang Semarang yang juga seorang blogger. Mirip banget soalnya wajahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba banyak banget. Wah siapa tuh mba? Boleh dong bagi link blognya.

      Delete
  10. Bandung,kota yang paling ingin aku kunjungi
    soalnya aku belum pernah ke sana. Keren banget semua pemandangan dan tempat makan di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Sekarang malah makin bagus sejak pak Ridwan Kamil jadi walikota di sana.

      Delete
  11. bandung ga pernah bosen deh kesini. ada banyak yg mesti kita kunjungi seperti tulisan ini. sangat rekomended banget buat dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Selalu aja ada yang seru di Bandung.

      Delete
  12. Penasaran sama taman hutan raya dan goa jepangnya itu, keliatan spooky tapi bikin kepo hehee. Anak2 boleh masuk situ ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2 boleh2 aja kok masuk situ mba. Tapi jangan lupa pakai tour guide biar ga nyasar di dalam goa hehehe

      Delete
  13. Bandung memang banyak spot kece, sayangnya belum sempat eksplor.
    Semoga satu saat bisa ke Bandung lebih lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga bisa explore lebih banyak ya mba.

      Delete
  14. Ke Bandung baru pernah main ke Ciwidey sama Trans studio doang :D. Bisa nih masukin ke list kalau Ujame mau main ke Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip2. Semoga jadi referensi tempat wisata ke Bandung ke selanjutnya ya mba.

      Delete
  15. aku orang Bandung tapi belum sempat aja ke paskal..ternyata ada pojok kulinernya ya, mba? harus disegerakan berarti ke sananya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Seperti food court gitu. Banyak pilihan makanannya mba.

      Delete
  16. Aku belum pernah berkunjung ke tempat tempat itu mba. Padahal bagus dan seru banget nih kalau ajak keluarga. Makasih ya mba sudah berbagi

    ReplyDelete
  17. Aku pengen banget tuh ke Maribaya, tempatnya cocok buat refresing dan udaranya masih bersih juga ya. Semoga bisa kesana secepatnya.

    ReplyDelete
  18. Itu Goa Jepang, lihat fotonya saja sudah merinding kok, Mbak. Tapi, dulu pas ada acara yang uji nyali noh, dengan pembawa acara khas berkepala botak, aku lihat sih. Ngeri banget, tapi penasaran.

    ReplyDelete
  19. Ihiyy pas banget sih ama rencana ke bandung walau masih september depan hahaha tapi jadi ada bayangan mo muter hemat kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa jadi dimasukkin itinerary ya mba.

      Delete
  20. Kemarin aku sempet ke bandung tapi cuma ke paskal kak huhuhu tadinya niat mau liburan tapi ada kerjaan dadakan. Jadilah pulang lagi ke bekasi. Padahal pengen ke maribaya juga huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget ya mba. Nyobain apa aja mba di Paskal?

      Delete
  21. Aku pengen mengunjungi Taman Hutan ah, tapi gak berani masuk ke goa2nya ah kalau gak rombongan ;D

    ReplyDelete
  22. Bandung memang menyimpan sejuta magnet untuk dikunjungi ya. Maribaya itu yg udah lama aku mupengin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Banyak pilihan tempat wisata di Bandung.

      Delete
  23. Bandung maaaah, tiap centi meternya kece yaaaa.... :) Ga perlu ngantri, ke gua yang horor aja bisa kece gitu tempatnya....

    ReplyDelete
  24. Aku kemarin main ke Bandung numpang pepotoan di Braga. Ga tahu tempat yang ditulis di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dong mba. Jangan main ke Braga aja hehehehe.

      Delete
  25. Tiap ke Paskal pas ada event aja jd ga pernah ngeh Food marketnya yg mana..huhu....jdnya pas perlu makan malah nyari cafe si mall..heu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sayang banget mba. Padahal banyak makanan khas Bandung di Paskal.

      Delete
  26. Kemaren temen ngajak aku main ke bandung sayangnya aku nggak bisa ikut. Coba kalau bisa ya, aku bisa mampir ke tempat2 kece begini di bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sayang banget ya mba. Next time mungkin mba.

      Delete
  27. Aduduu...Bandung emang kota ifaman terdekat utk dikunjungi. Kulinernya bikin kemecer air liur dan wisatanya bikin mata gak puas2 mandang. Kapan yg bisa ke Bandung, hiks..

    ReplyDelete
  28. Di Bandung mah banyak tempat wisata asyik, paling seneng ke Tahura Dago, murah meriah dan bisa refreshigng, sering lewat sih ke museum 3D tapi belum pernah masuk soalnya harga tiketnya lumayan mahal, apalagi kalau masuknya sekeluarga, mending buat kulineran di Paskal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba agak mahal. Tapi kalau suka foto2, ya ga kecewa juga kok hehehe

      Delete
  29. Ada bberapa yg pernah aku singgahi nah tinggal yg belum nih, Bandung memang terkenal mainstream bngt klo soal wisata gk cukup sehari utk explore

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, banyak banget yang rela macet2an demi wisata ke Bandung ya.

      Delete
  30. Aku puengen banget ke Taman Raya dan juga the art place. We haven’t been there and those places look interesting indeed! Semoga sempeeet kalau ke Bandung

    ReplyDelete
  31. Sejujurnyaaa...
    Aku kecewa dengan Lodge Maribaya.

    Semuanya oke...hanya ke sana hanya untuk berfoto.
    Hiiks~

    Padahal menuju ke sananya butuh effort luar biasa.

    Aku setuju banget laa...jalan ke hutan raya.
    Heheh...sekalian piknik tipis-tipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Teman2 yang pernah ke sana juga bilang gitu. Udah gitu mau foto aja harus bayar dan antri ya mba. Mending ke tahura deh :D

      Delete
  32. Aku belum pernah ke Tahura mbak, tapi anak-anak malah udah pernah ke sana semuanya. Nah kemarin dari Boscha aku mau mampir ke Amazoing Art World tapi karena lihat macetnya jadi langsung pulang aja deh ke Bekasi , soalnya dari Semarang langsung ke Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok ibunya malah belum mba hehehe. Tahura itu asik mba untuk piknik keluarga.

      Delete
  33. Anti mainstream tapi cukup seru ya Mbak Dewi. Nggak kalah sama yang digembar-gemborkan di medsos. Uh kapan ya bisa ke Bandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabung dulu mba :D Semoga suatu saat bisa ke Bandung ya mba.

      Delete
  34. Kalo ke Bandung, nanti coba ke Bandung Selatan atau Bandung Utara. Sekarang Banyaaak banget tempat unik dan asyik buat seseruan. Harganya cukup terjangkau. Dan kalo ke Bandung Selatan, bisa sekalian kopdar sama saya. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well noted mba. Kapan2 ke Bandung Selatan deh biar bisa kopdar.

      Delete
  35. 1st time coming here

    aku pernah ke Tahura
    waktu itu sepi banget euy
    jadi spooky
    asem tenan
    padahal mau seneng" di sana sama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. anti mainstream kan mba. Memang datengnya jam berapa itu mba?

      Delete
  36. Waaahh aku blm pernah ke sana semua huhuhu. Moga2 ntr kalau ek Bandung bisa mampir. Itu terutama yang ke taman kota soalnya kapan hari pas ke Bandung mau bawa anak2 ke sana eh udah kesiangan dna keburu balik Jkt. Ternyata di snaa jg ada bbrp peninggalan sejarah ya TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Semoga kalau ke Bandung lagi sempet mampir ya mba.

      Delete
  37. Ternyata banyak ya tempat wisata yang ga harus mahal di Bandung. Jadi pengin ke Paskal Food Market, pengin bisa jelajah kuliner yang enak enaaaakk... Penasaran dong sama Batagor Abun yang dipamerin ini ;) Semoga ah bisa kapan-kapan jalan ke Bandung dan menikmati suasana di sana bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. Semoga bisa liburan ke sana bareng keluarga ya mba. Batagornya uenak tenan.

      Delete
  38. Entah kenapa aku jaraaaang banget ke bandung. Jangankan yang anti mainstream, yang mainstream nya pun banyak yang belum didatangi *curhat detected.

    ReplyDelete
  39. Dari ke 5 tempat di atas, satupun belum pernah aku kunjungi.
    Baru eksplor Lodge Maribaya, soalnya meleleh dibuat postingan netizen, hahaha

    ReplyDelete
  40. Beneran antimainstream itu. Contohnya amazing art aku nggak tahu kalau di Bandung ada, kirain cuma di JAwa Timur atau Yogya yang ramai di medsos itu. Padahal ke Bandung beberapa kali dan sempet tanya temen tentang lokasi wisata dan direkomendasikannya ya itu-itu lagi; kalo nggak transmart, de ranch lembang, dan semacamnya yang udah lumrah lah. Ada food market dan taman hutan itu ya. Kemana aja selama ini akuuu :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dicoba mba. Aku anaknya emang anti mainstream hehehehe

      Delete
  41. pengen ngerasain batagor abun nya, aq kan salah satu pecinta batagor juga :). trus belom pernah ngunjungin yg amzing art world itu keceh buat ngeramein feed instagram:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Foto2 di Amazing Art World itu bisa nambahin koleksi foto di instagram :D

      Delete
  42. pengen ke bandung pengen wisata alam pokoknya, mau ngajakin anak-anak soalnya kan masih seger gitu kan hihihihi...
    selama ini kalau ke bandung numpang ngemol doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal mall dimana mana mah sama ya mba. hehehehe. Daripada ke mall ya bener wisata alam aja mba :D

      Delete
  43. Lumayan banyak tempat yang harganya terjangkau ya mbak, noted. Insyaallah kalau ke Bandung bisa mampir di tempat tempat ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Bandung punya banyak tempat untuk dikunjungi.

      Delete
  44. Replies
    1. 1 di Bandung, 3 di Garut ya mas. Thank you infonya mas. Penasaran juga mau ke garut.

      Delete
  45. Entah kenapa aku jaraaaang banget ke bandung. Jangankan yang anti mainstream, yang mainstream nya pun banyak yang belum didatangi *curhat detected.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua akan ke Bandung pada waktunya mba hehehe. Padahal banyak loh tempat wisata asik di Bandung.

      Delete

Give Me Your Comments!