Blogger Gathering Bersama BukaLapak

by - 22:42:00

Sejak gabung di Komunitas Blogger Perempuan, saya berharap untuk bisa mengikuti temu blogger atau sering disebut blogger gathering di komunitas ini. Lewat blogger gathering, saya ingin bertemu dengan blogger-blogger senior dan belajar lebih banyak dari mereka. 

Ternyata Tuhan mengabulkan doa saya. Bulan lalu, admin Blogger Perempuan posting sebuah foto tentang blogger gathering yang diadakan oleh BukaLapak di kantornya. Acaranya gratis tis tis…. Saya tinggal bawa diri saja ke kantor BukaLapak. 

Blogger Gathering BukaLapak
Sumber: Facebook Blogger Perempuan

Acaranya blogger gathering bersama BukaLapak ini tepat diadakan bulan lalu. Tadinya saya berencana akan datang ke blogger gathering ini dengan saudara saya. Eh, tapi dia tiba-tiba ga jadi ikut karena sedang ga enak badan. Alhasil, saya datang sendiri deh. 

Saya datang agak terlambat dari yang dijadwalkan. Saya berangkat dari rumah ke kantor BukaLapak yang berada di daerah kemang dengan ojek online. Sampai di kantor BukaLapak, saya langsung registrasi dan diberikan credit BukaLapak sebesar Rp. 50.000,- untuk akun BukaLapak saya. Credit nya tidak bisa diuangkan tapi bisa dibelanjakan di situ BukaLapak. Lumayanlah buat jajan hehehehe. Selesai registrasi, saya masuk ke ruangan tempat blogger gathering bersama BukaLapak diadakan. 

Di ruangan itu sudah banyak sekali blogger yang berkumpul. Kami saling berkenalan. Saya sendiri berkenalan dengan 2 orang yang duduk di depan saya dan kami akhirnya berteman sampai buat Whatsapp Group untuk tetap bisa berkomunikasi sampai sekarang. 

Blogger Gathering BukaLapak
Thanks to Blogger Gathering

Blogger gathering bersama BukaLapak ini mulainya agak ngaret karena masih menunggu teman-teman blogger lain yang belum hadir. Maklum blogger gatheringnya diadakan di hari Minggu, hari dimana rata-rata orang bangun siang hehehe. Blogger gathering pun dimulai lewat pukul sembilan pagi. 

Blogger gathering BukaLapak ini dimulai kata sambutan singkat dari mas Seno, selaku Marketing Community BukaLapak. 


Blogger Gathering BukaLapak
Mas Seno

Lalu dilanjutkan dengan perkenalan singkat tentang BukaReview oleh Mas Eri selaku Content Manager BukaReview.

Blogger Gathering BukaLapak
Mas Eri

Mas Eri memperkenalkan BukaReview kepada para blogger yang hadir. Dia juga menjelaskan alasan BukaReview itu ada dalam BukaLapak. Selain itu, dia tidak lupa memberitahu blogger yang hadir bahwa BukaReview saat ini membuka kerja sama dengan para influencer, blogger dan juga freelance writer untuk menulis review produk-produk yang dijual di BukaLapak. Jadi, BukaReview ini adalah fitur terbaru dari BukaLapak yang akan membantu customer BukaLapak untuk melihat review detail tentang suatu produk yang dijual di BukaLapak.

Sorry for the Bad Quality of This Image :(

Nah, setelah itu saatnya yang ditunggu-tunggu oleh semua blogger yang hadir…. Sesi sharing tentang blogging dari kak Stephanie Josephine atau biasa dikenal dengan kak Teppy. Kak Teppy ini sering menulis tentang review film di blognya. Review filmnya yang paling viral adalah Ayat-Ayat Cinta 2. 

Dalam sesi sharing ini kak Teppy mengawalinya dengan membagikan cerita bagaimana dia pertama kali ngeblog sampai sekarang. Ternyata kak Teppy ini sudah mulai ngeblog sejak tahun 2007. Wow, lama juga ya… Sampai akhirnya dia memutuskan untuk serius ngeblog di tahun 2013 dan menyebut dirinya Lifestyle Blogger. Dalam blognya, dia tidak hanya menulis tentang review film. Dia juga menulis tentang traveling, coffee shop favoritnya, musik, konser, dll. 

Blogger Gathering BukaLapak
Kak Teppy

Kak Teppy juga mengingatkan blogger yang hadir hari itu untuk mengukuhkan personal branding identity. Seperti kak Teppy, kalau orang mendengar kak Teppy pasti akan langsung ingat dengan review suka-suka yang dibuatnya.

Tidak lupa kak Teppy memberikan tips-tips sederhana agar pembaca tertarik dengan tulisan yang ada di blog kita. Nih, disimak ya.
  • Tulis saja tulisan yang memang suka kita tulis/baca.
  • Banyak membaca supaya gaya bercerita kita semakin bagus.
  • Tulis dengan niat yang tulus (jangan kepengen viral dulu).
  • Tulis dengan tulisan yang rapi dan terstruktur dan jangan keseringan campur-campur bahasa. 

Tulisan bagus saja ga cukup perlu didukung juga dengan foto atau video yang bagus. Kalau pakai foto atau video sendiri usahakan untuk posting foto atau video yang bagus. Kriteria foto atau video yang bagus itu: 
  • Ga buram 
  • Ga terlalu gelap 
  • Ga terlalu terang 
  • Isi foto atau video sama tulisan representatif dengan cerita dan informatif juga 

Kalau konten blog sudah dikemas dengan menarik, sayang dong kalau orang ga baca? Untuk itu kak Teppy mengingatkan pentingnya proses menyebarkan tulisan kepada pembaca kita. Ini ada beberapa tips yang diberikan oleh kak Teppy: 
  1. Kenali target pembaca blog kita. 
  2. Sebarkan di media sosial yang cocok. 
  3. Gunakan username yang sama di berbagai platform media sosial.
  4. Post tulisan di waktu yang tepat, misalnya di jam pulang kerja atau jam makan siang.
  5. Post beberapa kali di hari/waktu yg berbeda tapi jangan sampai spam ya. 

Selesai kak Teppy sharing, blogger gathering bersama BukaLapak ini dilanjutkan dengan sesi sharing selanjutnya oleh SEO Specialist BukaLapak, yaitu mas Ahmad Fei. Beliau sharing tentang bagaimana membuat artikel SEO friendly. Ini hal yang penting banget dipelajari untuk para blogger yang sudah serius ngeblog. Kenapa? Supaya blog kita di mesin pencarian. Dengan begitu pengunjung blog kita banyak dan kita bisa lakukan banyak hal dengan blog kita. 

Blogger Gathering BukaLapak
Mas Ahmad Fei

Ini ada sedikit tips dari mas Ahmad Fei tentang membuat artikel SEO friendly: 

Keyword selection

Di dalam judul tulisan blog kita, keyword wajib dimasukkan. 

Content is the KING!

Konten blog kita harus unik dan bermutu. Tulisan kita itu minimal terdiri dari 500 kata. Target keywords harus dimasukkan ke dalam 100 kata pertama di tulisan kita. 

Header tag!

Ini agak ribet sih jelasinnya. Coba dicari sendiri ya hehehe

Alt image 

Dalam image yang kita sisipkan di tulisan kita, target keyword wajib dimasukkan juga.

Internal link

Jangan lupa taruh internal link dalam setiap tulisan blog kita. 

URL 

Keyword juga wajib ada di URL tulisan blog yang kita buat. 

Meta title and Description

Meta title adalah penjelasan singkat mengenai tema atau topik yang kita tulis di blog kita. Meta title ini bertugas untuk ‘memberitahu’ sistem tentang apa yang ingin kita sampaikan di blog kita. Sedangkan meta description itu tujuannya adalah untuk memudahkan mesin pencari mengetahui ringkasan dari tulisan kita serta menarik pembaca untuk mengakses blog kita. 

Meta title: max. 60 karakter 
Meta desc: max. 155 karakter 

Di akhir acara tim dari BukaLapak mengingatkan para blogger tentang lomba blog yang diadakan oleh BukaReview dan BukaLapak. Total hadiahnya 60 juta loh. Tinggal 6 hari lagi kawan-kawan! Buruan ikutan! 

Bagi kalian yang mau ikutan, cek syarat dan ketentuannya di blog BukaReview ya. Semoga berhasil!


Oke, sekian recap dari acara blogger gathering bersama BukaLapak yang saya hadiri bulan lalu. Ada ilmu baru yang didapat ga dari postingan kali ini? Semoga ada ya… Selamat banyak membaca dan menulis ya. 

You May Also Like

108 comments

  1. Hmm...aku termasuk yang suka campur campur bahasa nih. Wah kudu lebih selektif sama pemilihan kata sekarang. Ilmunya mantap nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kadang suka campur bahasa mba. Langsung terbuka begitu denger sharing dari kak teppy.

      Delete
  2. Seru banget blogger gatheringnya. Dapat banyak ilmu seputar ngeblog juga ya. Keren banget nih Bukalapak. Aku nggak ikutan lomba blog #BukaReview tapi beberapa bulan yang lalu aku ikut lomba blog #BukaInspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru mba. Menang ga mba lomba blog #bukainspirasi nya?

      Delete
  3. Aku seneng event2 inspiratif kayak gini. Manfaatnya ga cuman untuk penyelenggara tapi juga peserra yg hadir dapat banyak insight

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba. Banyak insight yang bosa kita dapat.

      Delete
  4. Dari semua itu aku belum berhasil utak atik meta description, mau bongkar HTML takut malah bubar semua. padahal pernah baca kalau meta decription itu membantu banget untuk bisa nangkring di page one.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba. Aku juga lagi coba-coba nih. Semoga kita ga pernah berhenti belajar terus ya mba.

      Delete
  5. Mengenai SEO aku masih dasar banget banget nih pengen deh belajar lebih privat gitu. Untuk meta tittle aku malah sering lupa buat masukin hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking semangatnya nulis jadi lupa ya mba? hehehehe

      Delete
  6. Nah ini senengnya gathering, dapat ilmu baru, penambahan wawasan dan pastinya ketemu kawan baru ya mba.
    Makasih sharenya mba, aku dapat ilmu nih dari tulisanmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba. Semoga bisa diterapkan di blog nya ya.

      Delete
  7. Seru banget...
    Keren banget Bukalapak ngadain blogger gathering ya :)
    Sudah banyak ilmu, lalu bisa ketemu temen-temen blogger pula
    Btw saya kok kurang mengerti dengan tulisan 'terstruktur dan jangan keseringan campur bahasa ya'

    Kalau menurut saya, di era menjamurnya blog kayak sekarang, yang mana bahkan 1 tema bisa dibahas puluhan blogger.
    Rasanya, punya gaya tulisan yang beda dan unik itu malahan bikin kita mudah diingat banyak orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya itu dalam 1 tulisan jgan terlalu sering campur bahasa mba. Kalau pun mau dicampur, jangan dalam 1 kalimat. Gitu sih yang aku dapet.

      Delete
  8. Ku berharao banyak blogger yang mulai merintis jadi vlogger juga hehehe.. btw tips nya bermanfaat banget mba ku juga setuju

    ReplyDelete
  9. Pingiin aku ikutan acaranya Blogger perempuan. Tapi sayang jauh dan ga memungkinkan saat ini. Moga2 ada roadshownya kapan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 cek facebook nya blogger perempuan aja mba. Siapa tau suatu saat diadain di daerah tempat mba tinggal.

      Delete
  10. Haddeuh, bunda me mana ana ya sampe gak tau ada Blogger Gathering BP Zdgn Bukalapak, pdhl bunda blm sekali juga lho Blogger Gathering bersama Bukalapak. Md2an madkh Da kesempatan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. Semoga suatu saat diadakan lagi ya bunda.

      Delete
  11. Wah penting banget tuh, tips dari Kak Teppy yang bagaimana proses menyebarkan tulisan kepada pembaca. Aku selama ini kurang memperhatikannya. Terimakasih ya sudah sharing!

    ReplyDelete
  12. satu hal yang aku suka dari bukalapak.. dia sangat perhatian dengan membernya. apalagi komunitasnya hidup banget, sering ngadain gathering juga. salut top sama bukalapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba. Sering banget ngadain event2 gitu.

      Delete
  13. Wah acara asyik nih bs kumpul2 bareng teman blogger eh dpt ilmu keren juga...mataps lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Ga sia2 bangun pagi di hari minggu hehehehe

      Delete
  14. Aku baru saja nulis tentang Seo ternyata mirip ya hahaha...teenyata aku sdh di jalan yg lurus walau praktek seo nya baru yg di blog traveling aja heu..

    ReplyDelete
  15. Jangan terlalu sering campur-campur bahasa ya? Duh gimana ini, aku malah justru terkenal karena kemedokanku ((terkenal)) hahahaha yaampyun pede banget aku!

    ReplyDelete
  16. itu pematerinya Mba Teppy, si freaky Teppy? yang suka review film dan tulisan reviewnya selalu viral itu yaa? Wahhh senang banget yaa, bisa langsung dapat mater dari dia (ku selalu suka tulisan review dia, renyah, berkelas dan "unik")

    ReplyDelete
  17. Sebagai noob, bolehkah aku minta penjelasan terkait jumlah kata? Kalau kurang dari 500 efeknya ke blog seperti apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk meningkatkan SEO kak. Kalau kurang dari 500 kata, susah juga untuk optimisasi SEO di blog kita. Kalau ga salah situ gitu ya hehehehe

      Delete
  18. Mba, berarti besok ada bukareview untuk bahan pertimbangan kita dalam membeli dan memilih produk di Buka lapak ya? Apakah hanya Influencers saja yang boleh memberi review atau orang awam juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekali mba. Sebelum membeli produk di BukaLapak kita bisa lihat review2nya dulu di BukaReview. Influencer dan blogger partner sih mba sejauh ini yang baru bisa memberikan review.

      Delete
  19. Hal pertama yang selalu aku baca saat mau beli barang di online Shop itu review dari pembeli ya. Kalau banyak yang review dan revuewnya positif, langsung deh beli

    ReplyDelete
  20. Kalau acara gathering gini, saat ini cuma bisa jadi penikmat artikelnya saja dulu.
    Soalnya kita blogger lokal.
    Jarang banget bisa ikutan event seru dan kece begini.
    Edisi curhat, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. Sabar ya mba. Baca2 dari sini juga bisa dapet ilmu kok hehehehe

      Delete
  21. Seriusan mbak acaranya bagus banget, coba aja gathering Bukalapak di Bandung pengen ikutan. Content is the King dan seo is the Queen

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suatu saat diadakan di Bandung ya mba.

      Delete
  22. Yup kalau denger Kak tepy langsung inget reviewnya dengan gaya kocak dan meme kocak juga aku juga pengen kayak gitu deh mba wkwkwk apadaya aku masih kinyis2 dalam dunia blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget. Lucu2 banget gaya penulisan reviewnya kak Teppy itu.

      Delete
  23. Acara ini sempat biki saya baper karena batal datang. Ada acara keluarga yang lebih mendesak. Padahal kan pengen lihat Teppy hehehe. Jaid, saya baca-baca aja review beberapa blogger yang hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, sayang banget ya mba. Next time kita bertemu ya mba.

      Delete
  24. Suka banget deh baca tulisan Teppy yang review film suka-suka, rame bacanya dan nggak bosenin, ilmu seo-nya penting banget, smeoga bisa praktek, banyak banget ilmu ya di acara gathering buka lapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rani. Semoga ilmunya berguna untuk semua yang baca ini ya.

      Delete
  25. Bukareview membuat kita jadi rajin menuliskan review.

    Tiap orang berbeda pendapat tentang sebuah produk dan pengalaman itulah yang banyak di baca orang.

    Beli produk di bukalapak aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka review jadi membuat pembeli bisa dapat referensi tentang produk yg akan dibeli di buka lapak mba.

      Delete
  26. Bagus banget acaranya. Jujur aja,nulis di blog ya nulis aja. Tapi sekarang udah mulai dikit dikit mraktekin SEO,kapan hari baru utak atik meta description.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru belajar nih mba tentang meta description. Semangat terus mba nulisnya.

      Delete
  27. Setujuuu itu, tulis sajalah dulu, viral nya kemudian. Kan klo udh nulis trus bagus an banyak dibaca orang lalu dishare kan jadi viral yak? Aahh serunyaaa ikutan Blogger Gathering gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba. Ga usah ngarep jadi viral dulu ya.

      Delete
  28. Banyak tips yang dibagikan kalo ada Blogger gathering ya. Aku mupeng denger insight dari Teppy a.k.a Stephanie Josephine. Karena aku sesekali suka nulis review dari film yang abis aku tonton. Cuma kadang-kadang aja sih aku tulisnya, banyaian sekadar wacana, hahahaa

    ReplyDelete
  29. Tahun ini aku ga bisa ikutan gathering bukalapak karena pas hamil trimester akhir. Seneng padahal ikut karena banyak ilmu

    ReplyDelete
  30. Banyak ilmu SEO keren dan penting yang dishare yaaa.. dan sekarang ada BukaReview ya! Ngintiip aaah.. kayaknya seruu

    ReplyDelete
  31. Saya termasuk yang senang nulis sesuatu yang saya kuasai. Gak pernah kepikiran untuk bisa viral, deh!
    Masih ada PR besar saya, yaitu membuat akun yang sama untuk semua media sosial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Saya juga nih mba. Masih beda2 nama akunnya hehehehe.

      Delete
  32. Wah ada lomba BukaReview ya? Hadiahnya menggiurkan euy, tapi lagi enggak kuat begadang dan banyak deadline lain hiks. Ikut enggak ya? Anyway thanks tips blogging dari Mbak Teppy nya ya. Iya sempat viral banget itu review ayat2 cinta 2

    ReplyDelete
  33. Manfaat banget ilmunya ya mba,, mesti bnyak belajar lagi nih biar postingan blog tambah bagus.. lg mulai bljar edit video juga aku mba

    ReplyDelete
  34. Pas pertama ada pengumuman ini aku langsung pemgen daftar ikutan. Tapi lamgsung ciut lihat lokasinya haha di surabaya kapan yak :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah. Sayang banget ya mba. Mudah2an suatu saat diadain di Surabaya ya.

      Delete
  35. Waktu itu pengin daftar acara ini, tapi ternyata bentrok sama acara keluarga. Padahal pengin banget dapat ilmunya yang bernas dan ketemu teppy wkwkwk... semoga nanti2 bisa ikutan juga

    ReplyDelete
  36. wah, ilmu yg didapat banyak juga ya. semua yg didapat disini terangkum dengan baik. aku jadi dapat jg ilmunya disini.

    ReplyDelete
  37. makasih ya sharing ilmu yang didapat dari gatheringnya. jadi berasa ikut hadir di acara itu juga.

    ReplyDelete
  38. pada akhirnya, semua orang maksudku semua blogger punya kekhasan dalam menulis dan memberitakan atau menceritakan sesuatu dengan kekhasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba. Jadi pembaca bisa selalu ingat dengan bloggernya ya :)

      Delete
  39. Seru ya bisa ikut gathering blogger jadi selain bisa meetup juga dapat ilmu dari pakarnya langsung.

    ReplyDelete
  40. Mesti banyak belajar lagi nih saya, gimana agar tulisan di blog punya branding sendiri. Kalo ilmu SEO beberapa udah saya praktekin sih, tapi kurang tau juga hasilnya kek gimana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba direview mba hasilnya supaya bisa tahu apa yang perlu diperbaiki :) Sukses ya mba untuk blognya.

      Delete
  41. Wah senang ya akhirnya bisa kumpul bareng para bloger dan menimba ilmu. Walau mungkin ilmunya dah sering baca, tapi tetap perlu diulang krn sering lupa hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru banget loh mba. Bisa kenalan dan dapat ilmu baru :)

      Delete
  42. Bikin video ini aku rasa yang tingkatannya paling tinggi.
    Haahha...
    Selain konten, banyak variabel lain yang mesti diperhatikan.

    Salut sama blogger yang senantiasa mau berkembang mengikuti jaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba. Kita harus ngikutin perkembangan zaman juga ya.

      Delete
  43. Mba kok kita nggak ketemuan ya, hehehe aku dateng lho di depan duduknya.
    Aku Alhamdulillah sempetan ikutan bukareview kemarin semoga beruntung Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku lihat mba tapi lupa mau nyamperin heheheh. Eh malah ketemu di sini ya mba. Semoga menang ya mba bukareviewnya.

      Delete
  44. Yah, kelewat lombanya.. Soalnya baru baca infonya. :(

    Semoga bisa ikutan di lomba yang akan datang.

    Betewe, saya baru tau nama asli Kak Teppy. Tapi saya sering baca review filmnya. Asik sih.. saya jadi minder kalau mau nge-review film. ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, sayang banget mba.

      Memang reviewnya kak teppy itu asik banget ya. Bahasanya mengalir aja gitu.

      Delete
  45. Aku udah ikutan lomba blognya. Semoga aja nyangkut. Dan jadi tertarik juga deh pengen ikutan BukaReview itu.

    ReplyDelete
  46. Aku udah lama gak ikut garthering gini, kangen karena bisa buat kopdardan juga tambah ilmu. Yang kadang suka lupa tuh ngasih meta deskripsi pas bikin postingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mba hehehehe. Ternyata meta title dan description itu penting ya.

      Delete
  47. Ooo Teppy ini nama aslinya Stephanie itu hehe. Bbrp kali baca review filmnya tapi saat pas lagi tau aja :D
    Wah seru kyknya ya belajar ttg personal branding bareng Bukalapak. Belajar ttg SEO juga. Tapi aku tetep sepakat konten is the king.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes mba! Ada yang bilang juga SEO is the queen heehehe

      Delete
  48. Wah, event yang seru dan ngasih banyak wawasan baru nih. Banyak ilmu baru pula. Dan huhu, aku gak keburu ikutan lombanya. Padahal hadiahnya bikin ngileeeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali mba. Next time ikutan mba.

      Delete
  49. Seru banget ya dapat ilmu mengenai SEO dan tentunya aryikel di blog akan mendapat nilai lebih bisa masuk page one seru banget deh

    ReplyDelete
  50. Aku suka banget loh baca2 di blog Teppy ini. Brandingnya udah kuat banget dia di review2 film suka2 :)) Aku bisa ngakak2 kalau kelamaan di sana.
    SEO juga penting ya sebagai pendukung eksistensi blog. Kudu banyak dipelajari lagi nih, aku masih belum menguasai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Dia memang kuat banget ya brandingnya. Kalau inget review film, pasti langsung inget kak teppy.

      Delete
  51. Oh jadi kantornya Bukalapak kaya gitu ya mba. Baru tahu aku hehe, keren ya, anak muda banget

    ReplyDelete
  52. Waaah ada foto ku di postingan ini wkwkwwkwk. Eh, yang bagian Mas Ahmad Fei, lengkap banget pembahasannya. Nanti catet ahhh bt diterapin di blog heheeh

    ReplyDelete
  53. Serunyaaaaa
    Dapet ilmu
    Silaturahmi
    Me time juga
    Kapan y bisa ikut hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. next time mba. Sering2 cek di FB Blogger Perempuan mba.

      Delete
  54. Wah konsisten sekali sudah nge-blog dari tahun 2007.
    Benar sekali sebagai blogger harus rajin membaca, agar tulisannya 'bagus'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Banyak membaca lalu menulis ya mba.

      Delete
  55. Asik banget memang kalau ada blogger gathering gini. Punya banyak teman baru dan ilmu nge-blog baru dari pakarnya. Bisa dapat hadiah juga biasanya
    Seru!

    ReplyDelete

Give Me Your Comments!