Pekerjaan Rumah Tangga yang Paling Disukai

by - 23:02:00

Seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya. Berbenah rumah merupakan hal yang suka saya lakukan saat weekend atau hari libur. Dari kecil saya melihat mama dan papa saya selalu mengerjakan pekerjaan rumah tanpa bantuan asisten rumah tangga. Mungkin hal itulah yang membuat saya senang berbenah rumah atau melakukan pekerjaan rumah tangga sampai sekarang.  


Cleaning Equipment
Sumber: Pixabay

Hampir semua pekerjaan rumah tangga bisa saya lakukan tetapi tidak semua saya sukai. Dari sekian banyak, hanya 5 pekerjaan rumah tangga ini yang paling saya sukai: 

MENYAPU 

Sering ga sih kamu merasa risih kalau lantai di rumah kotor? Hal ini selalu saya rasakan kalau lantai rumah saya kotor. Saya ga sebetulnya tidak terlalu suka kerja pakai laptop di meja belajar. Saya lebih suka duduk di lantai terus laptop ditaruh di atas meja pendek. Nah, sebelum itu saya harus memastikan dulu bahwa lantai yang akan saya duduki itu pasti bersih. Kalau kotor sedikit pasti saya langsung sapu. 

TIPS:

  • Gunakan sapu ijuk yang berkualitas dan awet. Jangan pakai sapu ijuk yang gampang rontok ya. 
  • Kumpulkan kotoran atau debu di satu titik lalu buang ke tempat sampah. 
  • Sapu dulu baru pel. Jangan terbalik ya. 

MENGEPEL 

Selesai disapu, kok rasanya lantai belum licin banget yah. Nah, biasanya saya lanjutkan dengan mengepel. Mengepel ini banyak manfaatnya loh. Selain lantai lebih kinclong, badan kita juga lebih sehat karena kita semua badan kita bergerak saat mengepel. Saya memasukkan mengepel ke dalam pekerjaan rumah yang tangga yang paling disukai karena mengepel membuat kita sekalian berolahraga. 

TIPS: 

  • Pilih pel yang bagus dan agak mahal sedikit. Yang saya punya sih Scotch Brite. Dulu saya pernah beli di penjual biasa, eh baru beberapa bulan sudah rusak. Pel Scotch Brite saya saja sudah hampir setahun belum diganti-ganti.
  • Pakai karbol atau cairan pembersih lantai anti kuman lainnya untuk menghilangkan kuman yang tersisa di lantai.
  • Jangan biarkan orang bolak balik saat kita ngepel. Suruh orang rumah di ruang TV, dan jangan biarkan mereka bolak balik saat kamu mengepel supaya lantai tidak kotor lagi.

MENCUCI BAJU

Di rumah, mama mempekerjakan tukang cuci. Tapi hanya baju saya saja yang tidak dicuci karena saya ingin baju saya lebih bersih dan lebih wangi. Selain itu, saya lebih tahu titik noda di baju yang telah saya pakai. Saya paling suka pekerjaan rumah tangga ini karena saya bisa sekalian main air hehehe.  

TIPS: 

  • Saat merendam pakaian, pisahkan baju putih dengan berwarna. 
  • Cuci pakaian batik dengan batik cleaner supaya warna batik kita tidak rusak.
  • Kalau mencuci dengan mesin cuci, sesuaikan suhu dengan bahan baju yang dicuci.

MEMBERSIHKAN PERABOTAN 

Mama saya sering protes kalau saya membersihkan perabotan. Katanya saya terlalu bersih. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan perabotan saja. Sampai akhirnya kebiasaan membersihkan perabotan ini, saya terkena alergi tungau. Membersihkan perabotan itu salah satu stress release saya, makanya saya suka banget melakukan pekerjaan rumah tangga yang satu ini. 

TIPS:

  • Bersihkan perabotan dengan lap khusus perabotan. 
  • Jangan lupa pakai masker saat membersihkan perabotan supaya tidak terkena alergi seperti saya. 
  • Buat perencanaan terlebih dahulu perabotan mana yang mau kita bersihkan terlebih dahulu. 
  • Gunakan cairan pembersih yang tepat untuk membersihkan perabotan.

MENYIRAM TANAMAN 

Dulu waktu papa saya masih ada, saya paling ga suka disuruh papa ambil air untuk menyiram tanaman. Kedua orangtua saya memang suka sekali menanam. Dulu mereka petani di daerah, makanya ga heran kalau skill menanamnya oke. Apa saja yang ditanam pasti hasilnya bagus. Setelah papa ga ada, saya baru suka menyiram tanaman karena mengurus tanaman yang ia tinggalkan sama saja dengan mengurusnya. Duh, jadi sedih. Makanya sekarang menyiram tanaman menjadi pekerjaan rumah tangga favorit saya. Tiap kali menyiram tanaman, kerinduan saya akan papa seakan terobati :)

TIPS: 

  • Gunakan air secukupnya untuk menyiram tanaman.
  • Siram tanaman pada pagi atau sore hari. Jangan siram tanaman pada siang hari karena saat itu tanaman sedang melakukan fotosintesis. Saat kita menyiram tanaman di siang hari, kita bisa mengganggu proses fotosintesis tanaman itu. 

Sudah dulu ah. Nanti saya malah pengen beres-beres rumah lagi hehehehe. Kalian suka beres-beres atau melakukan pekerjaan rumah tangga seperti saya juga ga? Paling suka melakukan pekerjaan rumah apa?

You May Also Like

35 comments

  1. Wah saya gak pernah ngeh untuk menyesuaikan suhu air saat mencuci baju.

    ReplyDelete
  2. Aku paling suka tuh menyapu mbak, ga cape hahaa

    ReplyDelete
  3. Waaah keren mbaaak. Saya nggak suka semuanya, hahaha. Tapi saya gak suka juga kalau rumah kotor dan berantakan. Jadi bela-belain deh bersih2 meski gak suka.

    ReplyDelete
  4. Kalau aku paling nggak suka nyiram tanaman. Lebih baik masak atau mencuci piring daripada harus nyiram tanaman. Hehehe.

    ReplyDelete
  5. kalau saya paling gak suka nyuci baju huhu, makanya pas berumah tangga barang yang pertama dibeli mesin cuci... hehe

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka tuh menyapu dan menyiram tanaman! Pengen gitu pas liburan bebersih rumah, tapi kayaknya waktunya udah habis buat momong bayi karena bayinya nggak mau ditinggal, sukanya pengen ikut bantuin (baca: memberantakin).

    ReplyDelete
  7. Kalau saya lebih suka setrika hehe.. Sedangkan yg paling tidak suka cuci piring hehe...

    ReplyDelete
  8. 2 hari ini, saya blogwalking tentang peerjaan rumah tangga yang disuka. Ternyata banyak yang suka ngepel, ya. Apa jangan-jangan, saya aja yang gak senang mengepel? :D

    ReplyDelete
  9. Karena ku suka main air, jadi ku pilih menyiram tanaman sekalian basah basahan main air hehehe

    ReplyDelete
  10. Di rumah boleh dibilang jarang ngepel Mbak, bukannya jorok, tapi saat menyapu, di kaki sudah ada lap basah yang ngikut saat ada kotoran menempel di lantai, jadi kalau ngepel ya kalau udah berasa kotor aja. :D

    ReplyDelete
  11. tim tukang sapu karena ga perlu repot meres wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Kalau aku paling suka nyetrika baju walaupun hasilnya gak bagus-bagus amat sih. Karena biasanya bisa dikerjain sambil nonton tv wkwk

    ReplyDelete
  13. Sama ni mbaa. Aku suka nyiram tanaman sama nyapu. Hehe

    ReplyDelete
  14. Bunda padti suka bersih2 rumah karena xi rmh kan gak ada ART. Bongkar lemari, keluarin mana yg jarang babget dipake, sisihin, kadih xodara To kasih yg butuh. Yg penting harus masih layak pakai.

    ReplyDelete
  15. listnya aku sukak! haha.. karena hampir semuanya aku sukak, untung enggak ada bagian menyetrika, pegelnya itu bok

    ReplyDelete
  16. Makasih kak tipsnya aku lebih suka mencuci dan palingggggg males itu nyetrika soale bawaannya pegel dan ga rapih-rapih .

    ReplyDelete
  17. Aku paling suka beres-beres rumah, kalau mencuci dan menyetrika pekerjaan yang paling aku nggak suka tapi harus dikerjakan hihi

    ReplyDelete
  18. Aku suka nyiram tanaman juga. Lumayan saat main air

    ReplyDelete
  19. Aku lho jarang nyapu dan malah gak pernah ngepel. Habisnya lantai rumah masih tanah, hahaha. Nduh anak desa nih. Tapi aku suka nyuci

    ReplyDelete
  20. Di rumah kami yang bagian nyapu dan ngepel si sulung aku udah karang banget pegang pel hahahahaha

    ReplyDelete
  21. Paling suka saya juga menyiram tanaman Mbak.... Entah mengapa bikin rileks gitu, bau tanah yang habis kena siraman rohani eh siraman air....

    ReplyDelete
  22. Ohoo~
    Aku pun suka mencuci.
    Paling garcep kalo cucian uda mulai ada di ember.
    Mulai dari memisahkan warna baju, sampai jemur.

    Kecuali menyetrika siik...wkkwkw~

    ReplyDelete
  23. Qku juga sukaa mba bersihkan rumah. Tapi ya kadamg berantakan lagi seh. Hhahaha. Aku juga suka masak mbaa

    ReplyDelete
  24. Saya juga suka semua tapi bagian membersihkan perabotan agak mikir hahaha

    ReplyDelete
  25. Nyuci baju aku suka tapi pakai mesin cuci :-D kalau pakai tangan mikir2 dulu deh. Enaknya sih nyapu ngepel

    ReplyDelete
  26. Mungkin karena masih single jadi sesuka sukanya yah mba ngerjain sesuatu 😂

    Tapi, kalau udah berumah tangga kayaknya pekerjaan ini bakal saya lakukan juga rutin 😂

    ReplyDelete
  27. Aku ga suka semua haha dasar males. Tapi bisa semua sih. Nyetrika tu ga kuat punggungnya kalo lama2

    ReplyDelete
  28. Kalau aku sukanya mencuci piring dan mebersihkan kamar mandi haha. Pokoknya yang bisa mainan sabun. Kalau mebersihkan perabotan aku gak sabaran xixixi.
    Btw setrika gak masuk list mbak? :D

    ReplyDelete
  29. aku paling suka menyiram tanaman, bisa sekalian main air sama anak-anak :)

    ReplyDelete
  30. Dari sekian pekerjaan rumah, membersihkan perabot yang paling males. Tapi tetep mesti dipaksa bersihin, hahahaa

    ReplyDelete
  31. Smeuanya nggak ada yang kusuka hahhahah. Aku kurang suka bebersih rumah, jadi aku delegasikan saja pada yang ahli :D

    ReplyDelete
  32. aku juga suka nih mencuci baju dan gampang tinggal pencet - penceet. Plus menyiram tanaman yang bikin segeeer. seru apalagi kalau sama anak-anak

    ReplyDelete
  33. Duh aku merasa sedih baca ini, aku kok gk ada pekerjaan rumah tangga yg aku suka, aku ini perempuan apa bukan sih. Hihi

    ReplyDelete
  34. Kalau saya lebih milih ngepel dr pada nyapu. Soalnya ngepel itu kan lantainya jadi enggak kotor2 amat hehehe

    ReplyDelete
  35. Yang paling suka adalah nyuci baju karena pakai mesin cuci wkwkkw...
    Yang lain bikin capek ah, sungguh ku lelah :D

    ReplyDelete

Give Me Your Comments!