Pengalaman Terbang ke Singapura dengan Batik Air

by - 23:03:00

Tiket pesawat akhir-akhir ini lagi mahal banget ya, guys. Tapi tiket ke Singapura pasti ada saja yang murah. Postingan kali ini adalah lanjutan dari cerita liburan singkat ke Singapura bersama teman-teman kantor saya dan sesuai dengan judulnya, saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya dan teman-teman terbang ke Singapura dengan Batik Air. Masih ingat kan kalau di postingan pertama, saya bilang kalau kami memesan memesan Batik Air rute Jakarta-Singapura dan ternyata dioperasikan oleh Lion Air (operated by Lion Air). Kami baru tahu juga setelah tiket Batik Air kami dikirimkan melalui e-mail (ya, saya sempat lupa Batik Air itu termasuk dalam Lion Group juga). 

Waktu itu sayalah yang bertugas untuk memesan tiket PP ke Singapura. Saat itu, penerbangan yang paling murah ke Singapura adalah Batik Air. Saya hanya pesan tiket perginya saja karena harga tiket PP dengan Batik Air agak mahal. Setelah saya mencetak tiket, saya dan teman-teman masih berpikir positif bahwa Batik Air ini merupakan anak perusahaan dari Lion Group yang sejauh ini tidak mempunyai pemberitaan negatif di media cetak maupun elektronik.

Tiket Batik Air Jakarta-Singapore
*Maafkan Sedikit Blurred

Jakarta-Singapura

Hari keberangkatan ke Singapura pun tiba. Saya janjian dengan teman-teman bertemu di terminal 2D, tempat pemberangkatan semua penerbangan Lion Group. Kami datang lebih cepat dari jam keberangkatan kami ke Singapura dan masih mempunyai waktu untuk makan di salah satu restoran di bandara. Selesai makan siang, kami pun berjalan menuju ke dalam bandara dan check in. Tidak lama kami check in, kami langsung memutuskan untuk pergi menuju ruang tunggu supaya tidak ketinggalan pesawat. Ga lucu juga kan ya kalau kami ketinggalan pesawat ke Singapura.

Dua Teman Saya

Sesampainya di ruang tunggu, kami mengobrol dan sesekali ke toilet juga. Ketika jam menunjukkan jam penerbangan kami (pukul 16.15), perasaan kami mulai ga enak. Kok sudah mendekati jam terbang tapi kru Batik Air belum muncul juga ya. Dan yak ternyata DELAY (ditunda). Kalau delaynya sekitar 15-30 menit saja, kami masih bisa sabar. Tapi ya kok ini sampai lebih dari 1 jam dan ga ada pemberitahuan dari pihak Batik Air kalau penerbangan kami delay. Kami pun masih mencoba untuk sabar dan tidak lama kru pesawat lewat melalui ruang tunggu. Oke, akhirnya kami akan berangkat. Tidak lama, semua penumpang pun dipanggil untuk masuk ke dalam pesawat. 

Singapura

Cuma Sempat Foto di Sini 😢

Delay keberangkatan penerbangan Batik Air ini berpengaruh banget sama rencana perjalanan kami selama di Singapura. Kami berencana untuk ke hostel sebentar terus jalan-jalan malam di Marina Bay sesampainya kami di Bandara Changi, Singapura. Tapi rencana yang sudah kami bayangkan pupus begitu saja karena kami sampai di Changi sekitar pukul 9 malam. Sesampainya di Changi, kami mengisi form untuk diserahkan ke petugas imigrasi lalu menyerahkannya ke petugas imigrasi. Selesai urusan keimigrasian, kami langsung mencari stasiun MRT dari Changi ke hostel. (Kartu MRTnya kami beli di bandara dan bisa digunakan untuk naik bus juga). Sampai di hostel, kami check in dan membayar sisa pembayaran hostel. Kami ga sempat melakukan banyak kegiatan selain mandi dan makan malam di restoran seberang hostel lalu kembali ke hostel dan tidur.

Berbagi Pengalaman 

Jakarta-Singapore
Jakarta-Singapura

Lion, oh Lion rasanya saya kapok naik Lion Group: Batik Air dan Lion Air. Mungkin dibalik peristiwa delay yang sering terjadi pada Lion Group, mereka punya alasan mengapa menunda penerbangan sampai lebih dari satu jam (pengalaman saya) tapi setidaknya Batik Air (operated by Lion Air) saat itu bisa memberikan pengumuman kepada penumpang mengapa penerbangan ditunda dan memberikan setidaknya kompensasi minuman ringan untuk penumpang sesuai dengan UU yang berlaku. Perlu diketahui, selama menunggu penerbangan, saya dan teman-teman kehausan karena kami tidak boleh membawa air ke dalam pesawat dan tidak ada air isi ulang dekat ruang tunggu. 

Selama penerbangan dari Jakarta ke Singapura, kami merasa nyaman sih. Kru pesawatnya ramah. Namun, sayangnya tidak ada inflight entertainment dan tidak disediakan makanan atau minuman seperti yang beberapa teman-teman blogger pernah cerita di blognya. Mungkin karena penerbangan ke Singapura ini merupakan penerbangan singkat ya (a.k.a short trip). 

Untuk jarak antar tempat duduk di pesawat kurang lebih sama dengan maskapai low cost seperti Air Asia karena pesawat yang kami naiki saat itu pesawat Lion Air (seperti yang tertera di tiket pesawat).

Kalau ada yang tanya, saya akan pakai Lion Air atau Batik Air lagi atau ga di masa mendatang. Kemungkinan besar tidak karena jadwal penerbangan saja sering tidak ontime, lalu tidak ada kompensasi juga jika penerbangan ditunda. 

Postingan ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan Lion Air dan Batik Air ya guys, tapi saya berharap Lion Air bisa meningkatkan lagi performa jadwal penerbangannya supaya orang-orang tidak kapok menggunakan Lion Air atau pun Batik Air. Kalau pun terpaksa penerbangan Lion Air atau Batik Air harus delay, saya harap Lion Group dapat menginformasikannya kepada semua penumpang dan memberikan kompensasi yang sesuai. 

Untuk teman-teman yang mau cari tiket murah, sejauh ini Lion Air masih menawarkan tiket murah domestik maupun luar negeri. Kalau teman-teman masih nyaman menggunakan Lion Air, ya silakan. Harganya juga ramah di kantong kan ya.

Nah, teman-teman ada yang punya pengalaman terbang bersama Batik Air atau Lion Air ke Singapura seperti saya? Atau rute lainnya? Boleh dong cerita di kolom komentar. 

You May Also Like

48 comments

  1. Wah saya malah naik sriwijaya delay 3 jam. Dapet kompensasi ga dr Lion? Yang saya bingung beli tiketnya Batik tp naik pesawatnya Lion. Hahahaha. Selisih harganya lumayan tuh mbak. Harusnya minta ganti rugi

    ReplyDelete
  2. Aku termasuk yang sering naik pesawat Lion, karena harganya yang ramah di kantongku
    Bermacam-macam sih pengalamannya
    Ada yang baik, ada juga yang jelek

    Sepakat, semua terpulang ke pelanggan, mau pilih penerbangan yang mana?


    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah naik Batik. Kalau naik Lion pernah. Tetapi, belum pernah juga mengalami kekecewaan seperti yang banyak diceritakan. Ya semoga aja jangan sampai mengalami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Berarti sejauh ini aman2 aja ya mba naik lion?

      Delete
  4. Aku baru sekali naik Lion, dari Jakarta ke Semarang dan pelayanannya waktu itu baik sih. Tapi karena dekat ya jadi nggak dapat snack. Dulu pernah naik Sriwijaya sekitar tahun 2007 dapat roti dan air mineral

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sriwijaya pasti dapat snack ya walaupun jarak dekat

      Delete
  5. Kalau pulang ke rumah ortu pilihannya cuman Garuda ama Lion, dulu Lion mah masih lumayan ketimbang Garuda.
    sekarang, hampir sama dengan garuda dong, udah gitu ga ada bagasi free pula, mending naik garuda deh huhuhu

    ReplyDelete
  6. Kalo dari sisi kualitas memang buanyak banget kritik ke maskapai itu ya mba. Soal harga dan rute mereka menang. Eeh tapi sekarang harga sama2 tinggi ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Aku sekarang mending mahal dikit deh daripada naik lion hehehe

      Delete
  7. Wah jadi tambah referensi nih, kebetulan saya belum pernah ke Singapur. Terimakasih sharingnya, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba. Pilih maskapai yang bagus ya mba kalau ke Singapore.

      Delete
  8. Saya beberapa kali naik batik, dan belum pernah sih nyobain Lion. Keseluruhan sih naik batik nyaman banget, tempat duduknya oke, trus on time pulak. Rute lokal sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Aku pilih batik waktu itu karena denger review kaya mba gini. Eh kenyataannya ternyata beda :(

      Delete
  9. Waktu aku ke Singapura sama keluarga juga piihnya batik air, tapi makan siang di pesawat ada dua pilihan nasi goreg atau bihun goreng:)
    Wah ternyata Batik juga bisa delay ya aku pikir selama ini cuma Lionnya aja, soalnya Batik harganya di atas lion walaupun masih satu grup

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Ternyata sama saja dengan Lion :( Aku ga dapet makan mba.

      Delete
  10. kebetulan lagi delay aja kali, mbak. So far pelayanan Batik Air dari pengalamanku ok. Lebih baik dan lebih nyaman dibanding Lion.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kali ya. Lagi kurang beruntung aja kali aku ya mba

      Delete
  11. Saya belum pernah naik pesawat mbak. Namun, tahun ini saya berencana traveling ke LN. Sampai detik ini, saya rutin cari referensi maskapai yang tengah-tengah, dr segi harga dan layanan. Rame sih memang orang-orang yg komplen soal service di lion air dan bagasi yg katanya sering merusak koper. Saya nggak mau nyoba naik itu daripada nanti uring-uringan. Coba share pengalaman naik air asia dong mbak. Pengin banyakin referensi maskapai air asia juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah naik Air Asia ke Penang mba. So far lumayan ontime sih. Tapi ya itu kalau butuh bagasi harus beli mba.

      Delete
  12. Paling suka kalo baca postingan sesuai dengan pengalaman psiibadi gini aku sih mba. Jadi bisa mempeertimbangkan di kemudian hari

    ReplyDelete
  13. Yup, bikin ilfill juga ya mbak klu naik pesawat dan delaynya berjam-jam apalagi tidak ada pemberitahuan sama sekali dari pihak maskapai. Tapi saya belum ada pengalaman naik batik air maupun lion air.

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah naik Batik Air, tapi dari pengalaman bbrp teman yang pernah naik, delaynya nggak separah Lion-nya. Low budget flight kebanyakan mmg gak nyediain makanan ya mbak, kitanya harus beli, hehehe.

    ReplyDelete
  15. Laahh udah delay dan tidak diberikan kompensasi ya mba, padahal nunggunya udah sampe kehausan. Semoga aja service di kemudian hari diperbaiki ya. Meskipun low cost airline, tapi yang namanya service kan ya tetep harus dijaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba :( Sedih yaa. Aku dan temen2 lagi kurang beruntung hari itu mba hehehehehe

      Delete
  16. Belum pernah, Mba, kalau Batik Air. Paling sering naik Citylink. Lion seingatku pernah sekali pas ke Makassar tahun 2014. ALhamdulillahnya aman terkendali. Nggak delay juga. Tapi emang kasus Lion yang langganan delay baru beberapa tahun terakhir kayaknya ya terblow up banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Citilink mah jarang delay mba. Aku sering naik citilink ke Penang. So far ontime terus.

      Delete
  17. Alhamdulillah npernah naik batik Air dari Jakarta ke Semarang. Karena belum pernah naik lion kayaknya batik lebih baik mbaa heheheh pas aku ngga delay

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin aku kurang beruntung aja ya mba hari itu hehehehe

      Delete
  18. Huaa aku belum pernah ke LN nih tapi kalau naik batik air aku pernah beberapa kali dan kalau naik itu aku suka sama snacknya hehe.

    ReplyDelete
  19. Naik Lion baru sekali dan Batik belum pernah mba..semoga service dan safety terus ditingkatkan

    ReplyDelete
  20. Saya beberapa kali malah terbantu sekali naik Lion Air.
    Karena petugasnya yang cepat tanggap saat melihat mamak-mamak beranak dua rempong banget, mana tas dan mana ngarahin anak-anak.

    Semua memang punya ceritanya masing-masing.
    Semoga Lion group memperbaiki pelayanan dan kedisiplinan para kru dan pegawainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Cerita perjalanan kita memang berbeda-beda ya mba

      Delete
  21. Saya lion pernah sih sekali kalau batik belum pernah nih...

    ReplyDelete
  22. Masalah delay penerbangan dengan Lion Grup, baik batik maupun Lion pernah juga sih aku alami dan memang mrk juga jarang kasih kompensasi atas delayed tersebut. Aku kalo masi ada pilihan pesawat lain, milihnya yang lain dulu,kecuali kepepet ya kadang mau gak mau masih naik juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang senasib denganku juga *terharu* iya mba, aku kalau ga kepepet banget ga mau deh naik lion dan batik lagi

      Delete
  23. Bisa jadi referensi nih, kalo ada rejeki jalan jalan ke Singapura. Setauku BatikAir ini belum punya catatan kurang menyenangkan jadi aman aja lah ya.

    ReplyDelete
  24. Saya pernah sekali naik Batik Air, Mba. Dan terus terang saya puas dengan pelayanannya. Di antara 3 maskapai dari lion grup, menurutku batik air inilah yang terbaik :)

    ReplyDelete
  25. Wahhh ternyata harganya murah meriahh juga ya kak

    ReplyDelete
  26. Seru ya jalan-jalan ke Singapore skrg mudah dan terjangkau banget. Modal pasport doang bisa menjelajah ke Singapore ya mba.

    ReplyDelete

Give Me Your Comments!