5 Objek Wisata di Birmingham, Inggris

by - 22:44:00

Selama beberapa hari berada di Birmingham untuk mengikuti IATEFL Conference 2016, saya tidak mempunyai banyak waktu untuk mengunjungi objek wisata di Birmingham. Padahal ada beberapa objek wisata di sekitar ICC (tempat IATEFL Conference 2016 berlangsung) yang dapat dikunjungi dan beberapa di antaranya GRATIS! Saya agak menyesal juga sih kenapa ga buat rencana perjalanan yang detail sebelum pergi ke Birmingham.


Saya hanya berhasil berkunjung ke 5 objek wisata di sela-sela kesibukan saya mengikuti tiap sesi di IATEFL Conference. Apa saja objek wisata yang saya kunjungi? Let’s check them out!

LIBRARY OF BIRMINGHAM 

Library of Birmingham
Di Depan Library of Birmingham
Tempat ini wajib banget kamu kunjungi kalau berada di Birmingham. Library of Birmingham merupakan perpustakaan umum terbesar di Eropa dan letaknya bersebelahan dengan the ICC, Birmingham (tempat diadakannya IATEFL Conference 2o16 yang saya ceritakan di postingan sebelumnya). Setiap tahun ribuan turis berkunjung ke Library of Birmingham tidak hanya untuk melihat dan membaca jutaan koleksi buku dan audio. Banyak turis termasuk saya juga berkunjung ke Secret Garden yang terletak di lantai 7 dan melihat keindahan Birmingham dari atas.

Library of Birmingham
Secret Garden (Aslinya Lebih Luas dari Gambar)
Jika kamu penggemar Shakespeare, Library of Birmingham mempunyai ruangan khusus yang dinamakan Shakespeare Room untuk melihat koleksi-koleksi Shakespeare.

Dok. Pribadi

Ruang baca di Library of Birmingham ini cukup nyaman dan tenang banget. Akses untuk berpindah dari satu lantai ke lantai yang lain juga cukup mudah. Tenang banget deh baca di sini. 

Di lantai dasar Library of Birmingham ini terdapat kafe. Siapa tahu pas kamu lagi baca buku, tiba-tiba perut kamu keroncongan kan.

Library of Birmingham
Dok. Pribadi

Oh ya, yang paling unik di sini adalah mesin untuk mengembalikan buku pinjaman. Jika Library of Birmingham belum buka, anggota perpustakaan bisa mengembalikan koleksi yang dipinjamnya melalui kotak mesin pengembalian (seperti mesin ATM).

Library of Birmingham
Dok. Pribadi

BIRMINGHAM CANALS

Canals in Birmingham
Dok. Pribadi

Ketika teman saya, Mr. Greg, tahu saya akan berpergian ke Birmingham, beliau langsung menceritakan bahwa Birmingham mempunyai kanal yang sangat panjang sekali, kurang lebih seperti BKT (Banjir Kanal Timur) yang dimiliki Jakarta tapi ini versi kerennya. Konon katanya kanal di Birmingham ini lebih panjang dari pada Venice loh. Warga lokal di sini sering bersepeda, lari, atau jogging di pinggir kanal ini. Setiap pagi dan sore waktu itu saya juga berjalan kaki melewati kanal dari the ICC sampai apartemen tempat saya menginap.

Oh ya, di sepanjang kanal Birmingham terdapat banyak kapal-kapal kecil. Mereka biasanya menawarkan tur sepanjang kanal atau suasana makan di restoran dalam kapal. Harganya? Kemungkinan mahal. Saya ga sempat tanya-tanya juga sih karena ga terlalu tertarik dan ga punya banyak waktu juga (kantong saya ga tertarik maksudnya). Saya cukup menikmati makan siang di pinggir kanal saja saat conference break di salah satu restoran burger terenak di Inggris. Dan air sungai di kanal ga bau seperti kali di Jakarta ya teman-teman, jadi nyaman banget walaupun makan di pinggir kanal.

BULLRING SHOPPING CENTRE 

Bullring Shopping Centre
Dok. Pribadi

Mengunjungi Bullring merupakan hal yang menakjubkan sepanjang hidup saya. Dulu saya sempat mengajar kursus bahasa Inggris dan menggunakan buku yang latarnya di Birmingham, Inggris. Saya sampai browsing di Internet tentang Birmingham karena selama ini kota di Inggris yang saya tahu hanyalah London. Kembali lagi ke buku itu. Jadi, di dalam buku tersebut diceritakan beberapa anak remaja sedang berada di tengah pusat kota Birmingham dan menanyakan arah ke orang lewat. Ada beberapa tempat yang ditanyakan, salah satunya Bullring Shopping Centre. Saya terharu begitu menginjakkan kaki di Bullring. Rasanya seperti mimpi. 

Sesuai dengan namanya, di Bullring Shopping Centre kamu bisa berbelanja sepuasnya di sini. Saya tidak sempat masuk ke dalam Bullringnya karena saat itu hari sudah sore dan saya tidak berani pulang ke apartemen ketika hari sudah terlalu gelap. Saya hanya jalan-jalan di luar Bullring saja dan tidak lupa memotret ikon Bullring ini.

Bullring Shopping Centre
Dok. Pribadi

VICTORIA SQUARE 

Victoria Square
Dok. Pribadi

Tidak jauh dari the ICC, kamu akan menemukan Victoria Square. Di sini terdapat 2 bangunan pemerintahan kota Birmingham, yaitu Council House dan Town Hall. Arsitektur bangunannya seperti di film 90an. Waktu saya melewati dua gedung ini sedang dilakukan renovasi, jadi fotonya kurang maksimal.

Victoria Square ini bisa dibilang seperti alun-alun kota Birmingham. Kamu jalan-jalan santai di sini. Berfoto di depan patung Queen Victoria yang terletak di tengah Victoria Square. Tidak jauh dari sini juga terdapat Birmingham Museum Art and Gallery. Jika kamu suka mengunjungi tempat bersejarah, sediakan waktu untuk berkunjung ke museum ini. Letaknya di tengah pusat kota Birmingham dan mempunyai berbagai macam koleksi seni dan koleksi bersejarah lainnya seperti sejarah alam, arkeologi, etnografi, sejarah lokal dan sejarah industri. Sayang sekali, saya tidak sempat masuk karena museumnya sudah tutup. Tapi teman saya yang sempat ‘bolos’ mengikuti IATEFL Conference mengatakan bahwa Birmingham Museum Art and Gallery ini harus banget dikunjungi terutama untuk kamu pecinta seni. Biaya masuknya gratis kok jadi ga perlu keluar uang untuk bisa berkunjung ke museum ini. 

CHINATOWN BIRMINGHAM

Chinese Quarter
Chinese Quarter in Birmingham - Dok. Pribadi

Chinatown ternyata tidak hanya di London saja loh, di Birmingham juga ada. Jadi, sebetulnya saya jalan-jalan di Chinatown ini karena saya kangen banget makan makanan Asia. Salah satu teman saya (berkenalan di IATEFL Conference) yang kebetulan orang Indonesia, menemani saya untuk makan di salah satu restoran Chinese di Birmingham. 

Chinatown di Birmingham luasnya tidak sebesar di London. Sama seperti Chinatown di London, di sini terdapat supermarket ala Tiongkok dan juga restorannya. Restoran Jepang juga ada loh. 

Banyak banget objek wisata terkenal lainnya di Birmingham yang belum sempat saya kunjungi seperti Stratford-upon-Avon (tempat kelahiran Shakespeare), Cadbury World, Thinktank Museum, National Sea Life Centre, Edgbaston Cricket Ground dan tempat-tempat yang lain.

National Sea Life Birmingham
Tiap hari ngelewatin tapi ga sempet masuk :(

Mudah-mudahan saya bisa kembali lagi ke Birmingham dan lebih banyak menjelajahi kota Birmingham. Doakan saya banyak rejeki ya teman-teman. 

Dari kelima tempat di atas, menurut kamu kira-kira yang mana nih objek wisata di Birmingham yang paling menarik? 

You May Also Like

48 comments

  1. Tiap kalai denger kata Birmingham aku selalu teringat All England. Salah satu kejuaraan bergensi bulutangkis yang diadakan di Birmingham Arena, jadi bermimpi kapan ya bisa nonton langsung di Birmingham hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa mba. One day! Nabung dulu sampe 30 juta! Cukuplah ke Birmingham :)

      Delete
  2. Karena suka buku dari kelima obejk wisata itu aku pilih Library Birmingham mba apalagi penasaran tuh sama mesin kembalian bukunya keren yah kayak ATM jadi ga perlu nunggu library buka udah bisa balikin bukunya :) mantabb sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Unik ya, di Indonesia belum ada hehehehe

      Delete
  3. Pengen menikmati canalnya. Gak apa-apa deh gak usah naik perahunya. Tetapi, menikmati jalan-jalan di sana bersama pasangan atau keluarga sambil ngobrol kayaknya seru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget mba. Pas buat couple atau keluarga yang ingin liburan santai :)

      Delete
  4. Kapan ya bunda ke Inggris? Diwakilin cucu yg kuliah di sana, cuma cucu bunda di Leeds. Kl uniknya Library ini pastilah dia juga sudah menyempatkan ke Lib of Birmingham ini karena dia suka baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau cucunya wisuda, mampir ke sana bunda hehehe

      Delete
  5. Jauh sekali aku kalau bermimpi bisa ke Inggris. Hihihi. Tapi smoga harapan tak sekedar harapan ya mba, Banyak nih obyek bwisata kece di Ingrris

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg ga pernah mimpi bisa sampe Inggris kok mba hehehe. Tiba2 aja ada kesempatan ke sana. Semoga mba, bisa ke sana jg ya.

      Delete
  6. Birmingham Canals nya kayaknya asuik tuh js pengen peperahuan di situ hehe...China Town nya kesannya modern dan bersih ya beda dgn China Town Kl yg berkesan agak kumuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum pernah ke China Town KL hehehe. Di Birmingham cukup bersih mba.

      Delete
  7. Gak bisa milih...semuanya tampak istimewa...secara yaa...di Indonesia gak ada yang begini.
    LIBRARY OF BIRMINGHAM, atau nongki cantik sambil menikmati indahnya langit sore di VICTORIA SQUARE.

    Oyaa...
    Di Birmingham bangunannya memang terkesan kuno dan vintage semua ginikah?
    Kebayang yaa...bangunan yang langit-langitnya tinggi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Bangunannya memang rata2 begitu semua :D

      Delete
  8. Waaah semua obyek wisata di Birmingham indah dan bikin takjub.... kalau aku milih mengunjungi semua mbak....pasti berkesan sekali ya mbak bisa kesana dan menikmati segala keindahan yang ada di Birmingham.... kapan saya kesana ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. someday mba. Semangat nabung, pasti bisa ke sana.

      Delete
  9. menarik sekali mba fasilitas pengembalian bukunya, jaman kuliah aku sering kerepotan soal mengembalikan buku di perpustakaan daerah, kalau kesana pagi sebelum kuliah, perpusnya belum buka. kesana siang, penjaganya lagi istirahat, kesana sore kadang keburu tutup. Kalau ada mesin atau alat pengembalian buku seperti ini praktis sekali ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. Mudah2an suatu saat bisa diterapkan di Indonesia ya mba.

      Delete
  10. Andai ada rejeki, saya pengen berkunjung ke Victoria Square, Library of Birmingham, dan Birmingham cannals. Menarik kayaknya jalan-jalan di sepanjang kanal yang bersih. Itu ada perahu untuk menyusuri sepanjang kanal ga sih, Dew?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bersih. Ada mba kapal2 kecil gitu. Ada tournya juga.

      Delete
  11. Mupeng kesana euyy,, tempatnya bersihhhh, bangunannya juga vintage gitu dan tertata banget ya, semoga bisa kesana sama keluarga.

    ReplyDelete
  12. Huhuhu senangnya bisa foto foto di area Brimingham
    Kalau saya sendiri pengen banget hunting di sekitaran Canal. Pasti banyak hasil foto dengan angle berbeda di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru foto2 di sana mba. Waktu itu saya ga bawa kamera yang bagus sih hehehe

      Delete
  13. Wajib banget ke Libraryya nih kalau ke Birmingham, aku suka penasaran dengab perpustaakan2 yang ada di luar. Ternyata ini perpustakaan umum terbesar di Eropa ya, kebayang deh luasnya kaya apa apalagi buku-bukunya.

    ReplyDelete
  14. "Dari kelima tempat di atas, menurut kamu kira-kira yang mana nih objek wisata di Birmingham yang paling menarik?" Jawabanku semuanya!Hahaha. Karena belum pernah ke sana juga jadi penginn ke sana hahahaha

    ReplyDelete
  15. Seruu bisa ke perpustakaan di Eropa. Jadi pengen juga kesana. 🤗

    ReplyDelete
  16. Kalau berkunjung ke satu tempat, kayaknya saya wajib mampir ke Library, Museum & Art Gallery deh. Hmm ngebayangin Birmingham Museum & Art Gallery-nya pasti menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib mba. Sayangnya saya ga sempet masuk waktu itu huhuhuhu

      Delete
  17. yang mengesankan dari UK memng bangunannya yang terkesan kuno tapi sangat bernilai seni, kayaknya semua sudut Inggris itu instagramble ya, dan banyak wisata gratis juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Semua tempat di London itu layak difoto hehehe

      Delete
  18. Wuih, Birmingham. Jadi mupeng pengen ke sana. Semoga bisa berkesempatan main ke sana. Ada Chinatown juga ya

    ReplyDelete
  19. Paling menarik buatku adalah Birmingham Library. Jadi ngebayangin menikmati baca buku di sana, bisa berhari-hari ga pengin pulang ya. Koleksinya pasti banyak sekali karena termasuk library besar di Eropa kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba. Asik banget perpusnya. Tempatnya cozy banget sih untuk baca

      Delete
  20. masya allah keren banget ya mba. duh kapan ya aku bisa wisata ke birmingham inggris =. doain ya mba

    ReplyDelete
  21. Keren-keren objek wisata yang ada di Birmingham ini, Mba. Saya kapan bisa menginjakkan kaki ke sana yaa?

    ReplyDelete
  22. Itu desain Library Birmingham keren bangett siihhh.. sukaaa.. jadi pengin ke sanaa.. ��

    ReplyDelete
  23. Barokallah mba Dew udah sampe sana keren
    aku pengen juga ke Inggris, tapi englishku jelek banget
    mimpi aja dulu deh ya Mba, nggak apa-apa heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah jadi makin pinter bhs inggris mba kalau ke sana. No worries hehehe

      Delete
  24. wah, birmingham banyak destinasi wisatanya ya. aku pengen banget bisa ke sana kaya mba dew. bhs inggrisku keok. makanya ga berani main ke luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba. Jgn sampe bahasa jadi hambatan untuk kita keluar negeri.

      Delete

Give Me Your Comments!