Tips Liburan Pertama Kali ke Inggris

by - 21:21:00

Bulan lalu saya menanyakan kepada teman-teman saya di Instagram tentang apa yang mau mereka tahu tentang pengalaman liburan saya ke Inggris di tahun 2016. Walaupun saya tidak lama berada di Inggris dan hanya mengunjungi dua kota saja; London dan Birmingham, saya banyak belajar tentang apa saja yang harus saya lakukan dan tidak saya lakukan selama di sana. So, kali ini saya mau berbagai tips tentang liburan ke Inggris terutama untuk kamu yang baru pertama kali ke London seperti saya.

#TIPS 1 - BUAT RENCANA PERJALANAN SELAMA DI INGGRIS

Menulis Itinerary
Sumber: unsplash.com

Hal ini sebetulnya tidak perlu saya sesalkan lagi karena sudah berlalu. Alangkah baiknya, kamu tidak mengulangi kesalahan yang saya lakukan. Saya pernah cerita kan kalau selama perjalanan saya ke London dan Birmingham, saya tidak membuat rencana perjalanan sama sekali. Saya beruntung mengenal beberapa orang di sana dan mereka mengajak saya mengunjungi tempat yang wajib dikunjungi di Inggris.

Buat kamu yang berencana ke Inggris, jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Buat rencana perjalanan dan kunjungi berbagai tempat di Inggris. Di Inggris, ada banyak tempat gratis yang bisa dikunjungi! Bahkan banyak museum gratis yang bagus-bagus di London, bisa kamu kunjungi tanpa mengeluarkan uang 1 pound pun.

#TIPS 2 - BELI OYSTER CARD

Transportation Card for London
Sumber: https://www.visitlondon.com/

Sebagai turis yang ingin menghemat, inilah yang pertama kali saya lakukan setelah keluar bandara Heathrow; membeli Oyster Card. Teman yang menjemput saya di bandara membantu saya untuk membelinya. Dia punya kartu kredit sehingga lebih mudah bagi saya untuk membeli Oyster Card dan melakukan pengisian ulang supaya saya lebih mudah menggunakan Oyster Card selama beberapa hari jalan-jalan di London. Apa sih oyster card itu? Oyster card merupakan kartu untuk pembayaran transportasi yang berlaku di London dan bisa digunakan jika kamu mau menaiki London underground (tube), trains, dan bus). Untuk tarif transportasi yang berlaku di London saat ini. Kamu bisa cek https://www.londontoolkit.com/briefing/oystercard.htm. Perlu diingat Oyster Card ini hanya berlaku sebagai kartu transportasi di London dan tidak berlaku di kota lainnya. Di Birmingham, saya hampir ga pernah menggunakan transportasi umum jadi ga tahu juga bagaimana kartu transportasi di sana.

#TIPS 3 - BELI SIMCARD LOKAL

three simcard uk
Source: amazon.com

Setelah membeli Oyster Card, pastinya internet kita butuhkan selama di Inggris. Walaupun banyak tempat di London menawarkan wifi gratis, kamu tetap harus beli simcard lokal. Ini tips dari teman saya sih. Kalau kamu sering pakai wifi di tempat umum, takutnya data ponsel pintar kamu disadap.

Saya sendiri selama di Inggris hanya pakai wifi saat berada di tempat teman saya di London atau di apartemen yang saya sewa di Birmingham. Namun, saya tetap pakai simcard lokal saat bepergian di London maupun Birmingham.

Simcard lokal yang saya beli di Inggris adalah itu 3 (three), yang providernya kebetulan memang ada di Indonesia juga. Saya lupa harganya berapa tapi teman saya merekomendasikan membeli provider tersebut karena harga simcardnya dan paket komunikasi yang ditawarkan lebih murah daripada provider yang lain.

Untuk simcard lokal seperti 3 (three) bisa dibeli di minimarket atau counter 3 (three) terdekat dengan tempat menginap kamu di Inggris. Saat membeli simcard, minta tolong mas/mbak penjualnya untuk mengaktifkan nomornya di ponsel kamu beserta paket datanya ya.

#TIPS 4 - UNDUH CITYMAPPER/GUNAKAN GOOGLE MAPS

Citymapper London
Dok. Pribadi

Jika paket data sudah terhubung, kamu harus mengunduh citymapper. Ini merupakan aplikasi untuk informasi transportasi mirip dengan Trafi yang kita punya sekarang. Misalnya, kamu ingin menuju Leicester dari Oxford Street. Kamu bisa memasukkan alamatnya di Citymapper atau jika tahu kode posnya dapat dimasukkan juga, lalu kamu akan diberikan saran oleh Citymapper tentang jenis transportasi apakah yang cepat sampai tujuan kamu.

Citymapper tidak bisa kita gunakan untuk mengetahui transportasi di semua kota di Inggris, hanya London dan Manchester (kalau ga salah ya).

Untuk Birmingham, saya lebih sering menggunakan google maps untuk memandu saya agar tidak nyasar :)

#TIPS 5 - SELALU ANTRI

queuing in london
Sumber: Jakarta Post

Saya tidak ingin menjelek-jelekkan orang-orang di negara sendiri. Namun kenyataannya, orang Indonesia selalu ga sabaran dan suka menyerobot antrian. Sedangkan di Inggris, orang tertib mengantri di depan kasir, menunggu bus dan lain-lain. Jangan sekali-kali bawa kebiasaan jelek kita di negeri orang ya. Budayakan mengantri saat berada di manapun di Inggris.

#TIPS 6 - MAKAN FISH AND CHIPS

fish and chips
Maaf Fotonya Blurred :( - Dok Pribadi

Malam pertama saya tiba di London, teman saya langsung mentraktir saya makan fish and chips dekat tempat tinggalnya. Porsi fish and chipsnya besar sekali. Saya sampai menyisakannya untuk sarapan hehehe (makanannya digoreng, jadi ga basi walaupun dibiarkan semalaman). Untuk harga saya kurang tahu persis ya berapa karena saya juga ditraktir :P

#TIPS 7 - SELALU UCAPKAN: “MAAF, TERIMA KASIH, PERMISI”

thank you, please, excuse me, sorry
Magic Words

Tiga ungkapan ini sering sekali diucapkan oleh orang Inggris dan otomatis saya pun mengikutinya selama di sana. Saat saya menghalangi jalan beberapa orang di eskalator (maklum saya kan turis baru), mereka mengucapkan, “Sorry, excuse me”. Di waktu lain, seorang kasir  di toko buku mengatakan, “Thank you” ketika saya selesai berbelanja. Tentunya kata-kata tersebut tidak lantas saya biarkan menguap begitu saja, saya belajar untuk membalas tiga ungkapan yang sering mereka ucapkan ini.

#TIPS 8 - BERDIRI DI SISI KANAN ESKALATOR

escalator in london
Sumber: unsplash.com

Kesalahan pertama yang saya buat adalah menghalangi orang yang mau mendahului di sisi kiri eskalator. Jika kamu tidak buru-buru, kamu dapat berdiri di sisi kanan eskalator. Hal ini cukup berbeda dengan etika menaiki eskalator di Indonesia. Bahkan kita di Indonesia, tidak pernah memperhatikan ini. Padahal etika eskalator ini penting loh untuk menghemat waktu orang-orang yang sedang terburu-buru ke kantor atau menghadiri pertemuan penting.

#TIPS 9 - BELI OLEH-OLEH DI CAMDEN MARKET

camden market
Sumber: unsplash.com

Banyak orang mengira, tempat oleh-oleh Inggris yang murah di London itu adalah di Oxford Street. Mereka ga tahu bahwa barang-barang yang dijual di sana harganya lebih murah di Camden Market.

Sebagai orang Indonesia, apalagi baru pertama kali ke Inggris, wajib banget untuk beli oleh-oleh. Harganya ga semurah di Indonesia sih, yang gantungan kunci aja harganya bisa cuma Rp. 5000-Rp. 10.000.

Oh ya, kamu juga bisa mencoba berbagai makanan di Camden Market loh dan beli tumbler Starbucks London di Starbucks Camden Town (pasti banyak yang jastip sih kalau ini).

#TIPS 10 - BAWA KAMERA

photography
Sumber: unsplash.com

Ini wajib banget sih kamu lakukan. Semua sudut kota di Inggris itu ‘instagrammable’ banget dan kamu harus banget mengabadikannya dengan kamera yang bagus. Jika kamu kerepotan bawa kamera bagus, pakai saja iphone. Dijamin hasil fotonya ciamik! Ga punya iphone? Panggil fotografer profesional Indonesia aja (yang ini sih pasti nguras kantong).

Jadi, kapan mau ke Inggris? :) Semoga tipsnya berguna ya untuk kamu yang berencana ke Inggris terutama kamu yang pertama kali liburan ke Inggris. Untuk teman-teman yang pernah ke Inggris, boleh loh tambahin tips liburan ke Inggris di kolom komentar.

You May Also Like

32 comments

  1. Orang sana memang lebih sopan ga mba budaya nya, please, thank you, excuse me, dll.. btw aku pernah telpon telpon an sama suami di UK pakai kartu 3 murah banget mba sumpahh dan bisa berjam jam pula, tapi harus dari Indo yang nelpon

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku malah baru tahu kalau murah tlpan ke Indonesia. Waktu di sana aku malah teleponan sama keluarga lewat line hehehe

      Delete
  2. Suka banget lihat orang antri, smeoga aja di sini juga bisa kaya di Inggris ya. Kadang kalau menegur yang orang yang memotong antrian lebih galak dianya mbak :)
    TErima kasih tips belribur ke Inggrisnya. penting banget ya bikin itin kalau mau kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Indonesia makin tertib ya mba orang2nya hehehe

      Delete
  3. Bingung saya jawabnya kalau ditanya kapan mau ke Inggris? Kalau mau mah dari sekarang. Tapi, gak tau kapan ada rezekinya hihihi. Catat dulu aja deh semua infonya. Siapa tau suatu saat ke Inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh mba. Semoga rejekinya cepet dateng ya mba.

      Delete
  4. Ternyata orang Inggris punya habbit berdiri di sebeleh kiri saat di eskalator ya. Aku membiasakan diri sendiri sama keluarga seringkali dianggap aneh. Karena biasanya kan kalau di eskalator pada berdiri jejeran

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mba. Biar dicontoh orang2. Aku paling sebel kalau orang diri jejeran gitu di eskalator.

      Delete
  5. Itu yang berdiri di eskalator yang bener sebelah kiri atau kanan ya, Dewi? Judulnya di kiri, tapi koq isinya di kanan.

    Seneng ya lihat orang2 dengan budaya teratur gitu. Udah ga ada saling berebut saat antri. Jujur aja emang ngeselin sih di sekitar kita di negeri sendiri, hobinya main serobot, mau cepet. Ya enggak semua sih, tapi banyak yang masih kayak gitu. Ga punya malu untuk menyerobot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanan mba hehehe. Udah aku revisi. Thank you mba sudah baca!

      Delete
  6. Terima kasih tips2 nya mba..semoga saya pun bisa ke sana suatu saat nanti. Aamiin..

    ReplyDelete
  7. Kebudayaan orang barat ternyata tidak senua buruk ya. Antri dan 3 magic Words justru sudah mengajar di setiap orang barat. Semoga orang Indonesia bisa belajar dari semua itu

    ReplyDelete
  8. Saya suka dengan budaya antre ala orang Inggris, terlihat tertib. Kalau di sini bisa crowded banget sampai saya kesal kala diserobot. Orang sana mah punya etika antre demikian karena menyangkut kehormatan diri sendiri selain menghormati orang lain. Salut. Lihat foto orang antre di sisi jalur bus merah bikin saya pengen ke London dan naik bus merah di bagian atas. Busnya legendaris. Eh, Mbak kayaknya lupa sertain kotak telefon sana yang legendaris juga, apa masih ada?
    Saya tahu tentang London biasanya dari bacaan, kisah perjalanan sampai novel dan film. Entah apakah suatu saat kelak bisa melancong bahagia dengan keluarga ke London. Pengen naik London's Eye alias bianglala yang dekat Sungai Thames itu.
    Inggris bagi saya selalu identik dengan Agatha Christie, ha ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada kok kotak teleponnya tapi banyak yang ga keurus gitu terakhir saya ke sana.

      Delete
  9. 10 tips-nya akan saya ingat eh saya catat, Mbak. Berguna sekali, terutama soal kartu untuk transportasi dan etika saat di sana.

    ReplyDelete
  10. wah, mbak, bermanfaat banget tipsnya, ternyata untuk memudahkan pembayaran transportasi pun ada kartu khususnya yah

    ReplyDelete
  11. Ternyata di sana juga ada provider three, ya. Aku ga terlalu suka fish n chips, sih. Terima kasih buat sharing pengetahuannYa, ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba. Aku juga baru tau pas ke uk hehehe

      Delete
  12. Asyik nih ba jalan2 ke Inggris, saya pengen banget ke sana n tpt2 lainnya. Di setiap tpt saya belajar jd tau kelebihan n kekurangan suatu budaya.. Termasuk di barat tak semua baik n stak semua buruk..pun di Indonesia..

    ReplyDelete
  13. Kirain kalau di Inggris, mereka bakalan pakai "Pardon me.."
    Hhehee..

    Mas sama Ibuku beberapa bulan yang lalu ke Inggris dan in syaa Allah tahun ini bakalan ke sana lagi. MashaAllah...senang sekali rasanya dapat cerita dari Ibu, betaoa orang di Inggris ini suka sekali jalan.

    hahhaha...
    Ibu bilang, kampusnya luas-luas.
    Jadi kalau mau masuk kampus, ada kali jalan 4-5 km dulu.
    "Capeek, dek...mana di sini makanannya gak ada nasi..."

    Ya Allah...

    Baca tulisan kak Dewi, persis seperti yang Ibu ceritakan.
    Termasuk ketidak tahuan orang Indonesia akan adab di eskalator.
    wkwkkw...

    ReplyDelete
  14. Wah aku baru tau ada kartu three ya mba di sana, noted banget jangan sering andalkan wifi ya makanya kudu beli simcard lokal.

    btw budaya antri dan etika naik eskalator aku baru tahu loh memang iya sih di Indo duh sukanya serobot sambil emosi tea ga saling menghargai gitu ;D

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya, sangat bermanfaat nih. Kalo berdiri di sisi kiri eskalator itu sama kayak di KRL Commuter di Indonesia, khususnya di tanah abang, karena yang mau naik dan turunnya berjubel.

    ReplyDelete
  16. Mbak, gampang kah cari makanan halal di sana? Untuk Oyster berarti reguler, kan. Atau ada semacam Singapore Tourist Pass yang memang ditujukan untuk turis, berlaku hanya beberapa hari tetapi saldonya unlimited.

    ReplyDelete
  17. Wah justru simcard Three ya yang mudah aksesnya selama di Inggris, noted deh. Meski entah kapan berkunjung kesana, hihii

    ReplyDelete
  18. Semoga ada rejeki main ke INggris, meski bahasaku masih patah-patah hahaha
    aku pengen berkunjung ke semua yang tempat mba kunjungi ih. Tadi ada gantungan kunci murah, pokoknya serba yang murah biar hemat

    ReplyDelete
  19. So many places to visit at the UK and definitely we need to have good plan

    ReplyDelete
  20. Tapi yang paling penting adalah.. kita harus bisa bahasa Inggris dulu owkwokowkowkow :v

    ReplyDelete
  21. Baca artikel ini jadi pengen banget ke Inggris, ada sepupu yang tinggal di sana, dan sering share foto-foto keren selama tinggal di sana, tipsnya dicatet nih, kali aja ada rezeki bisa jalan-jalan ke Inggris

    ReplyDelete

Give Me Your Comments!